Home » » Trend Baru Topeng Barongsai Versi ‘Berokan’

Trend Baru Topeng Barongsai Versi ‘Berokan’

Written By K2-911FM on 14 Nov 2012 | 07.49

INDRAMAYU – K2 FM, Rabu, 14/11-2012, 07:49 WIB

Tepat berada di bahu jalan raya di sepanjang Kecamatan Lohbener Indramayu, banyak didapati penjual topeng berbentuk ‘berokan’.  Berbeda dengan topeng ‘berokan’ yang biasanya terbuat dari kayu, topeng ini dibuat mirip barongsai dengan warna-warna mencolok sehingga menarik perhatian orang terutama anak-anak. Layaknya barongsai asli, selain beratnya lebih ringan, juga dilengkapi celana dengan hiasan rumbai-rumbai.

Kalangan anak-anak merupakan target utama yang menjadi pangsa pasar penjualan topeng di daerah tersebut.  Bahkan bisa jadi bukan hanya pembeli dari Kecamatan Lohbener saja. Penjual berharap pengendara atau siapapun yang melintas berminat membeli. Hal ini dibenarkan Tarkani (40), salah seorang penjual topeng yang mangkal di pinggir jalan desa Pamayahan.  “Para pembeli umumnya warga masyarakat lokal. Tapi sering juga masyarakat dari luar kota, seperti dari Jakarta dan sekitarnya yang sengaja melewati Kota Indramayu. Ia mematok harga mulai Rp. 25 ribu sampai ratusan ribu per-buah tergantung besarnya ukuran.

                   Tarkani dalam kesehariannya menyertakan isteri dan anak dalam menjual produk ‘home industry’ di tempat ini. Mereka menempati bilik bambu ukuran 2 x 2 meter sembari menanti konsumen. Pantauan K2 FM pada Selasa (13/11), terlihat seorang pembeli tengah melakukan tawar-menawar. Pembeli kebanyakan berminat pada topeng ‘berokan’ ukuran kecil dengan alasan sesuai kantong dan karena memang dipakai untuk anak-anak. (Gustie Azis) 
                                           Topeng hasil kreativitas warga di Kecamatan Lohbener.  (Photo : G. Azis/Dok K2 fm) 
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger