Home » » Bupati Indramayu Resmikan Bank Sampah

Bupati Indramayu Resmikan Bank Sampah

Written By K2-911FM on Mar 18, 2013 | 2:01 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Senin,18/3-2013, 14:00 WIB

                        Persoalan sampah yang menumpuk menjadi permasalahan serius yang harus dicarikan solusinya.   Sehingga pemerintah menerbitkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Pemerintah nomor 81 tahun 2012.  Aturan perundang-undangan tersebut mengamanatkan tentang upaya pengurangan dan penanganan sampah agar dikelola dengan baik.

                        Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah meresmikan Bank Sampah terkait upaya membatasi timbulan sampah agar dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.  Peresmian Bank Sampah bernama “Jaka Kencana” dihadiri unsur FKPD, Kepala Dinas-Instansi, perwakilan Pertamina EP Asset 3 Field Jatibarang dan undangan lainnya di Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu pada hari Senin (18/3).

                        Pada acara tersebut, Bupati Anna menyerahkan bantuan kendaraan operasional dan peralatan pengelolaan sampah.  Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan tentang jenis sampah organic dan an-organik.  Sampah organic termasuk jenis sampah basah yang bisa membusuk hasil produk konsumsi rumah-tangga, seperti makanan, ikan, buah dan sayuran.  Sedangkan sampah an-organic teridiri dari kertas, plastic, botol, besi, kaleng atau aluminium.  Ke-dua jenis sampah ini bila tak dikelola maka berakibat menimbulkan bau tak sedap, menimbulkan penyakit serta menyumbat kelancaran saluran air.

                        Solusi untuk menangani masalah sampah, salah satunya melakukan kegiatan 3 R atau reduce, reuse dan recycle. Namun kegiatan 3R ini masih menghadapi kendala utama, yaitu rendahnya kesadaran masyarakat untuk memilah sampah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui pengembangan Bank Sampah yang merupakan kegiatan bersifat social engineering yang mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pengolahan sampah secara bijak dan pada gilirannya akan mengurangi sampah yang diangkut ke TPA. Pembangunan bank sampah ini harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memulai memilah, mendaur-ulang, dan memanfaatkan sampah,karena sampah mempunyai nilai jual yang cukup baik, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru Indonesia. (Jeffry)  

                              Naambor Bank Sampah 'Jaka Kencana' terpampang di Pabean Udik. (Photo : Dodo M/Dok K2 FM)
Share this article :

+ comments + 1 comments

Mar 24, 2015, 4:41:00 PM

Mengatasi plastik ya harus mulai dibiasakan tidak menggunakan plastik. Misal gunakan Dus makanan dari kertas, bawa botol minum sendiri, menggunakan eco bag, dll.

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger