Home » » Sabar itu Subur

Sabar itu Subur

Written By K2-911FM on Mar 21, 2013 | 9:50 AM


INDRAMAYU- K2 FM – Kamis, 21/03-2013, 09:48 WIB

                        Sabar adalah mengendalikan diri terhadap segala sesuatu yang tak dikehendaki.  Ia tak akan kecewa, putus asa dan menerima dengan ridho jika keinginan tak tersampaikan.  Demikian disampaikan KH. Abdur Rosyid di depan Sekda dan keluarga besar PNS pada pengajian rutin Majelis Ta’lim di Pendopo Indramayu, Kamis (21/30).

                        “Sabar itu mudah diucapkan tapi susah dilaksanakan.  Ibarat makanan jika dirasakan pahit,” katanya.  Meski pahit, itu perintah Allah.  Salah satu ayat dalam Al Qur’an mengamanatkan, bersabarlah dalam kondisi seberat apapun.  Untuk orang yang sabar, Allah juga memberikan ‘hadiah’ berupa keutamaan-keutamaan.  Pada salah satu ayat dalam surat Al Baqarah dijelaskan, berikanlah kegembiraan untuk orang-orang yang sabar.  Siapakah yang disebut orang sabar ? yang termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang yang ditimpa ujian dan musibah dan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT.  “Hendaknya kegagalan itu tidak dapat dengan menyalahkan kepada orang lain, karena sudah merupakan ketentuan Allah”, terang Abdur Rosyid.  Manusia boleh gagal, namun kita serahkan segala urusan ini kepada-Nya, karena kelak kitapun akan kembali kepada-Nya, inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.   

Tiga kebaikan akan diperoleh manusia jika bersikap sabar ; mendapat ampunan, rahmat dan  hidayah dari Allah.  Abdur Rosyid mengajak hadirin membuka surat Al Imron ayat 200 yang isinya memberikan fatwa dan nasehat, Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.   Jika manusia mempunyai sifat sabar, maka di kemudian hari Insya Allah mendapatkan keberuntungan.  “Sabar itu subur, semoga kita mendapatkan hidayah dan inayah jika memiliki sifat sabar,” ujar Abdur Rosyid.  

                        Sabar merupakan salah satu rahasia diri seorang hamba Allah karena sifat sabar membuat manusia lebih bisa memahami kedudukannya sebagai hamba yang semestinya selalu patuh dan taat pada perintah sang pencipta. Menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi kepada kita merupakan yang terbaik untuk kita.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger