Home » » Hari Ini Polisi Menjadi Sahabat Anak

Hari Ini Polisi Menjadi Sahabat Anak

Written By K2-911FM on Apr 6, 2013 | 12:15 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,6/4-2013, 12:14 WIB

                        Hari ini, Sabtu (6/4) ratusan anak-anak TK berkumpul dan bersatu dengan polisi.  Anak-anak sengaja didatangkan ke Mapolres Indramayu bukan untuk urusan kriminal, melainkan ikut meramaikan HUT Yayasan Kumala Bhayangkari ke-33 Tingkat Kabupaten Indramayu.  

                        Kegiatan anak pada acara ini, yaitu Peragaan Polisi Cilik Dermayu (PCD), pengenalan cara Menjaga Kesehatan Gigi/Cuci Tangan, pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas, Lomba Mewarnai dan pengenalan Kendaraan Dinas Kepolisian. Seluruh acara dilaksanakan di halaman Mapolres Indramayu.

                        HUT Yayasan Kumala Bhayangkari ke-33 juga diramaikan dengan pelaksanaan bazaar. Praktis acara ini membuat hiburan tersendiri bagi tamu yang akan mengurus segala sesuatu di Polres Indramayu.  Namun pelayanan Polres kepada masyarakat tetap berlangsung sebagai-mana biasa.

                        Kepala Kepolisian Resor Indramayu AKBP Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.IK., SH., MH. mengatakan, kegiatan ini dalam upaya mengenalkan polisi pada anak-anak sejak usia dini sekaligus sebagai program reformasi birokrasi Polri, mewujudkan kemitraan dengan masyarakat.  “Ini salah satu cara kita untuk mengubah anggapan supaya anak-anak tidak takut pada polisi.  Karena selama ini kerap ditemui jika anak tak mau sekolah, tak mau makan, sering ditakut-takuti akan memanggil polisi sehingga timbul kebencian anak-anak pada polisi” tutur Kapolres.   
   
                        Kedekatan anak-anak dengan polisi diharapkan bukan hanya pada kegiatan ini saja, namun berlanjut pada generasi 10 sampai 15 tahun mendatang.  “Generasi yang nantinya mempunyai disiplin dan motivasi tinggi serta sadar keamanan,” tambah Pangarso.  Sekitar 500 anak dari beberapa TK di Indramayu terlibat pada acara “Polisi Sahabat Anak”.  Mereka diajak berkeliling melihat langsung setiap sudut bangunan Polres agar mengetahui tugas-tugas polisi.  “Polisi membuka diri pada anak-anak dan masyarakat supaya tahu dan paham bagaimana kerja polisi serta tak enggan berhubungan dengan Polres setiap saat,” ujar Pangarso kepada reporter K2 FM Gustie Azis.
   
Polisi Cilik Dermayu juga ikut ditampilkan mengisi acara dengan memperagakan kepiawaian baris berbaris, hasil bimbingan Polres Indramayu. Keberadaan PCD menjadi salah satu nilai tambah yang berkontibusi dalam dunia pendidikan.  “Saat ini tengah diupayakan dengan Dinas Pendidikan agar sertifikat PCD bisa bermakna ketika mereka melanjutkan ke SMP,” tambah Kapolres.  (Jeffry) 
                                      Ibu-ibu isteri polisi menggelar bazaar di lokasi acara.  (Photo: Jeffry/Gustie/Dok K2 FM)
   
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger