Home » » In Memoriam : Bassist Deftones Chi Cheng Meninggal

In Memoriam : Bassist Deftones Chi Cheng Meninggal

Written By K2-911FM on Apr 14, 2013 | 9:45 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,14/4-2013, 21:43 WIB

Chi Cheng, bassist DEFTONES yang selama hampir lima tahun terakhir berada dalam kondisi coma/semi-coma meninggal dunia pada Sabtu, 13 April 2013. Bassist lawas DEFTONES ini meninggal di usia 42 tahun.  Berita meninggalnya Chi Cheng dirilis langsung melalui pernyataan dari Jeanne, ibunda Chi Cheng lewat website OneLoveForChi.com, sebuah website yang sudah lama didirikan untuk mendukung kesembuhan Chi Cheng.  Meninggalnya Chi Cheng juga dikabarkan di Facebook vokalis Chino Moreno hari ini (14/4). Di sana tertulis “Rest In Peace Chi Cheng” yang kemudian di-share oleh banyak orang hingga lebih dari 1.000 kali. 

Chi Cheng pernah berada dalam keadaan koma setelah mengalami kecelakaan mobil fatal pada tahun 2008 di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Koma yang dialami Chi Cheng berlangsung hingga tahun 2010 saat dia dinyatakan membaik dan berada dalam kondisi semi koma.

Referensi yang dihimpun K2 FM, Chi Cheng bareng DEFTONES tampil di Tennis Indoor Senayan Jakarta pada Selasa (8/2-2011).  Reporter K2 FM Jeffry mencatat penampilan DEFTONES waktu itu membawakan sekitar 20 lagu andalan.  Tak terlihat sama sekali kondisi Chi Cheng yang sebetulnya dalam tahap rehabilitasi.  Ia tampil prima dengan Chino Moreno (vokal, gitar), Stephen Carpenter (gitar), Frank Delgado (kibor, turntables) dan Abe Cunningham (drums, perkusi).  Sejumlah lagu seperti Be Quite & Drive, My Own Summer, Roots dihadirkan ke penonton oleh band asal Sacramento ini.

Chi Cheng yang punya nama asli Chi Ling Dai Cheng merupakan bassist lawas DEFTONES sejak tahun 1988. Bersama Chino dkk, Chi telah merilis lima album. Yang terakhir adalah “Saturday Night Wrist” yang dirilis pada 2006. Selama hampir lima tahun terakhir sejak Chi mengalami coma, posisi bass di DEFTONES diisi oleh Sergio Vega dari band post hardcore Quicksand. DEFTONES telah merilis dua album tanpa Chi Cheng, yaitu “Diamond Eyes” (2010) dan yang terbaru “Koi No Yokan (2012).

                        Sebagian biaya pengobatan Chi Cheng dihimpun dari donasi teman – teman dan para fans. Sementara DEFTONES sendiri beberapa kali telah mengadakan konser amal untuk mengumpulkan dana bagi kesembuhan Chi Cheng. Salah satunya adalah ketika mereka mengadakan konser di Avalon, Hollywood pada November 2009. Beberapa nama ikut tampil dalam konser dua malam itu antara lain Greg Puciato (Dillinger Escape Plan), Tommy Lee (Motley Crue), Mike Shinoda (Linkin Park), Dave Lombardo (Slayer), Alexi Laiho (Children Of Bodom), Max Cavalera (Soulfly), serta tiga personil System of A Down.  (Jeffry/Dana/RockenBlast)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger