Home » » BESIK’s Unwir Adakan Festival Seni Budaya Bergaya Tempo Dulu

BESIK’s Unwir Adakan Festival Seni Budaya Bergaya Tempo Dulu

Written By K2-911FM on May 26, 2013 | 9:59 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,26/5-2013, 21:59 WIB

Lahir dari lingkungan kampus, nama BESIK’s ternyata mampu berprestasi di luar kampus.  BESIK’s sebagai wadah kesenian mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu  bukan hanya berprestasi di Unwir namun pada skala lebih luas.  Segudang keberhasilan ditorehkan sejak dibentuk 12 tahun silam oleh Ucha M. Sarna dan kawan-kawan.

Berawal dari sebuah unit kegiatan mahasiswa bernama LISMA (Lingkungan Seni Mahasiswa) Universitas Wiralodra Indramayu, sekelompok mahasiswa peduli seni ini membentuk Bengkel Seni Kampus atau BESIK’s Unwir.  Berdiri pada 24 Juli 2001, belakangan menjadi besar jika dibandingkan dengan unit kegiatan mahasiswa lain di Unwir. ”BESIK’s terbilang paling banyak anggotanya dan meski beranggota mahasiswa di ruang lingkup Unwir, namun siapapun bisa sharing di bidang seni tradisi maupun kesenian lain,” kata Nandes sang ketua saat ’talk show’ di K2 FM, Sabtu (25/5). 
   
 BESIK’s yang diketuainya membawahi divisi-divisi antara lain sastra dan teater, tari tradisional dan modern, musik, seni rupa dan paduan suara.  Ia ingin merevitalisasi generasi baru yang berjiwa seni budaya dan mampu berpikir komprehensif, inovatif dan solid sejalan visi BESIK’s.  ”Khusus untuk seni rupa, menaungi dua sub bagian yaitu seni rupa murni dan terapan,” ungkap Koordinator Bidang Seni Rupa Johan kepada announcer Gustie Azis.

Prestasi yang berhasil diraih anak-anak BESIK’s Unwir cukup banyak.  Yang paling hangat, tahun ini meraih juara 3 ’Festival Aqoustic’ di Toserba Yogya Jatibarang dan pemenang 1 Singing Contest ’International Nursing Day’ di Akper Pemda Indramayu.  BESIK’s pun menjadi langganan pada tiap acara Wisuda Unwir dengan mementaskan paduan suara dari tahun ke tahun.  Belum lagi catatan keberhasilan di bidang puisi dan teater ; juara 3 Festival Teater Monolog STSI Bandung 2002 dan peraih juara di beberapa lomba baca puisi.

Dalam waktu dekat, BESIK’s Unwir bakal mengadakan ”Festival BESIK’s 2013” tanggal 12 Juni 2013. Bertujuan mempromosikan keberadaan BESIK’s bahwa mahasiswa tak melulu berkutat pada kegiatan akademis.  Kegiatan yang mirip sebuah pasar malam ini menampilkan beragam kuliner dan pentas seni selama sehari. BESIK’s juga mendatangkan komunitas-komunitas seni dari luar kampus, institusi pemerintah dan swasta menjadi peserta. Sedangkan setting lokasi dibuat sedemikian rupa dengan nuansa jaman dulu.  Kegiatan ini bertemakan Our Culture, Our Identity yang intinya mengangkat seni-budaya asli Dermayu.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger