Home » » Camat Sukra : Desa Tegal Taman Tempatnya Ahli Kelapa Kopyor

Camat Sukra : Desa Tegal Taman Tempatnya Ahli Kelapa Kopyor

Written By K2-911FM on May 8, 2013 | 1:09 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,8/5-2013, 01:00 WIB

                        Lomba Desa adalah menilai sejauh mana keterlibatan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya.  Oleh karena itu, pengaruh kepemimpinan dalam mengajak masyarakat untuk terlibat secara gotong royong sangat besar.  Demikian disampaikan Camat Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu Teguh Budiarso, S.Sos, M.Si kepada K2 FM.  “Dengan adanya penilaian-penilaian pada tiap Lomba Desa maka akan semakin tahu kekurangan-kekurangannya.  Termasuk pembinaan dari Kecamatan yang dirasakannya masih perlu terus dibenahi,” kata Teguh.

Desa Tegal Taman merupakan satu-satunya dari 8 desa yang 2 kali berturut-turut memenangkan lomba desa tingkat Kecamatan Sukra, masing-masing tahun 2012 dan 2013.  “Rasa kepedulian seorang kuwu menjadi faktor penting kemajuan desa. Kebetulan Kuwu yang menjabat ini sudah cukup lama,” terang Teguh.  Ia juga menggaris bawahi, rasa memiliki yang dimiliki Kuwu berperan penting karena hal ini tentu akan dapat mengaplikasikan visi-misi desa dengan penuh tanggung jawab. Teguh menyebutkan, selain Tegal Taman dengan jabatan kuwu terlama, tercatat  kuwu Desa Karanglayungpun mempunyai masa jabatan cukup lama. Jabatan kuwu Tegal Taman yang saat ini dipegang oleh Dirlam Fatrurachman akan berakhir pada bulan September 2013.

                        Camat Teguh berkali-kali menegaskan, bila dibandingkan dengan karakteristik masyarakat yang ada di Priangan umumnya, di sana warganya lebih mudah diatur.  “Namun bukan berarti masyarakat yang berada di pantura susah diatur,” tegas Camat di depan Tim Penilai dari propinsi.  Masyarakat pantai menurutnya harus lebih digerakan ke arah bagaimana dapat membangun desanya sendiri karena nanti akan bermuara pada kesejahteraan mereka sendiri. Inilah susahya seorang pemimpin menggerakan partisipasi aktif warganya. Maka menurutnya, target yang ingin dicapai pada lomba desa ini agar bisa diakui dunia dan sejajar minimal dengan desa-desa di wilayah priangan pada umumnya. 

                        Dalam bidang kesehatan, kuwu berani mengadakan suatu paguyuban orang-tua asuh posyandu.  Hal ini membantu program-program pemerintah di bidang kesehatan.  Dengan jumlah 6 posyandu yang ada, masing-masing ada orang-tua asuh posyandunya, sehingga paling tidak bisa menambah pemberian makanan tambahan setiap bulannya.  Kemudian keberadaan paguyuban petani kelapa kopyor.  Selain banyaknya jumlah pohon kelapa, di Desa Tegal Taman banyak ahli-ahli yang dapat mengetahui apakah kelapa termasuk kopyor atau bukan.  Kelebihan lain di desa ini, ada kelompok donor darah sehingga memudahkan PMI mendapat data akurat berapa jumlah dan golongan darah dari seluruh warga yang bermukim di Desa Tegal Taman.  (Jeffry)

                                               Kelapa kopyor produk unggulan Tegal Taman.  (Photo : Muksin/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger