Home » » Nadran Tahu, Pesta Syukuran Warga Dukuh

Nadran Tahu, Pesta Syukuran Warga Dukuh

Written By K2-911FM on May 4, 2013 | 10:28 AM


INDRAMAYU – K2 FM - Sabtu,4/5-2013, 10:26 WIB

                        Sebagai ungkapan rasa syukur, warga Desa Dukuh menggelar pesta nadran di halaman salah satu warga setempat Hj. Sidem.  Selama ini, warga Desa Dukuh Kecamatan Indramayu mengalami peningkatan taraf hidup dengan berdagang tahu kress.

                        Nadran Tahu diprakarsai Forum Ikatan Keluarga Besar (FKIB) Tahu Kress Khas Dukuh yang diketuai H. Enda Sukenda.  Dalam sambutannya saat membuka nadran, Enda mengatakan, nadran tahun ini dilaksanakan untuk ke-dua kalinya.  Bahkan lebih meriah dari tahun lalu. “Selain hiburan, ada kegiatan sosial menyantuni anak yatim dan orang-tua jompo.  Juga diadakan pawai kendaraan hias berkeliling mengitari kota Indramayu,” tambah Enda.
                        Kuwu Desa Dukuh Kecamatan Indramayu Suwarno memberikan perhatian yang sangat besar pada komunitas pedagang tahu di daerahnya.  Ia mengamati banyak warga yang beralih profesi menjadi pedagang tahu kress karena dapat meningkatkan ekonomi keluarga.  Suwarno bangga warganya dapat berjualan tahu kress hingga wilayah Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang dan Subang hingga Jakarta. Ikatan pedagang tahu kress khas Dukuh menurutnya harus lebih berkembang lagi.  “Saat ini saja sudah mampu memberikan santunan bagi warga miskin.  Hal yang tak pernah terpikir untuk dilaksanakan oleh pemerintah desa,” tutur Suwarno.    
                    
                        H. Enda Sukenda menambahkan, anggotanya kini telah mencapai 80 pedagang dan tersebar di mana-mana. “Hari ini kita menyempatkan berkumpul untuk silaturahmi dan berucap syukur,” terang Enda di antara anggotanya yang berdatangan dari Subang, Kuningan dan Cirebon khusus memperingati nadran.

                 Nadran Tahu kali ini, panitia sengaja meng-gratiskan pembelian tahu bagi pengunjung selama pelaksanaan nadran dari pagi hingga malam. Masyakatpun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyantap tahu kress pada tenda-tenda di seputar lokasi nadran.  (Jeffry) 

                                         FIKB Pedagang Tahu Dukuh peduli pada orang tua jompo.  (Photo : Mukhsin/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger