Home » » Tiga Tuntutan Serikat Tani Indramayu

Tiga Tuntutan Serikat Tani Indramayu

Written By K2-911FM on May 14, 2013 | 2:57 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Selasa,14/5-2013, 14:55 WIB

                        Ratusan petani dan buruh tani dari wilayah Inbar kembali melakukan aksi di Gedung DPRD Indramayu, Selasa (14/5).  Datang menggunakan puluhan truk, aksi yang mengatas namakan Serikat Tani Indramayu (STI) dikawal aparat polisi sejak turun dari kendaraan di seputar Sport Center, berjalan kaki menuju gedung DPRD. 

STI yang beranggotakan sebagian besar petani tak bertanah dan buruh tani miskin itu menuntut tiga hal : jalankan arah pembangunan di Indramayu yang berlandaskan semangat reforma Agraria sejati, berikan kebijakan seluas-luasnya bagi peningkatan sektor pertanian dan akses yang merata bagi seluruh petani di Indramayu serta menolak aksi premanisme sepihak kepada organisasi massa rakyat dan tuntaskan insiden Mayday 2013 Indramayu.

Pokok-pokok yang mendasari pergerakan dan perjuangan organisasi rakyat ini mendesak adanya penguasaan (pengelolaan) sumber agraria tanah, hutan untuk seluas-luasnya akses buruh tani miskin Indramayu. Terlebih menurut STI, Indramayu seharusnya menjadi daerah unggulan yang merevitalisasi sumber-sumber agrarianya yang melimpah ruah untuk dipergunakan sebesar-besarnya kemakmuran petani, nelayan, buruh dan seluruh warganya.

STI sebagai wadah gerakan pro petani dideklarasikan tanggal 1 Maret 2012 di Kecamatan Kroya, beranggotakan 8.000 terdiri dari 8 Kecamatan dengan 22 basis.  Meski dalam aksi ini tak menyertakan seluruh anggota namun sudah cukup membuat miris pengguna jalan sepanjang DI Panjaitan dan Sudirman. Sambil mengibarkan bendera warna merah, aksi damai STI berjalan mengular hingga puluhan meter. (Gustie Azis)    
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger