Home » » Nasabah Bank BJB Dibuai Alunan Tarling Klasik

Nasabah Bank BJB Dibuai Alunan Tarling Klasik

Written By K2-911FM on Jun 3, 2013 | 3:57 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Senin,3/6-2013, 15:55 WIB

                        Ada pemandangan berbeda ketika pengunjung memasuki lantai 1 Bank Jabar Banten di jalan Sudirman Indramayu pada Senin (3/6).  Sekelompok pemusik tarling tampak asyik memainkan lagu-lagu tarling klasik seperti Warung Pojok, Midang Sore dan Gambang Suling.  Pengunjungpun merasa terbuai dengan sajian Group Tarling “Eka Budaya” yang sengaja didatangkan untuk menghibur nasabah.

                        Group tarling yang dipimpin Bapak Suyoto ini terdiri atas 7 orang pemusik berseragam baju krem, celana hitam plus blankon khas Dermayu.  Duduk di atas panggung mini setingggi setengah meter, 2 pemain gitar, kendang, suling, kebluk (bonang), gong dan kecrek ini membuat nasabah betah di tempat duduk sambil menunggu panggilan transaksi di loket pembayaran.  Equipment yang dipakai cukup sederhana, sebuah pre-amp untuk gitar elektrik dan perangkat wireless untuk pesinden.

                    Koordinator group tarling “Eka Budaya” D. Wardhana kepada K2 FM mengatakan, kelompok tarling ini telah lama berdiri atas jasa alm. Eka Yudha seorang pemerhati seni dan mantan direktur salah satu radio swasta di Indramayu. Menurutnya, pihak bank BJB meminta mereka tampil sebulan sekali.  “Tujuannya untuk menghibur para pensiunan yang mengambil gaji pensiunnya agar tidak mengantuk saat menunggu nomor panggilan,” katanya.  Ia menyarankan akan lebih baik lagi kalau nasabah disuguhi 'wedang' dan 'jabur'  (minuman dan makanan ringan) tradisional Indramayu.  

                        Menurutnya, kelompok tarling ini bakal menghibur nasabah secara rutin.  Sementara Suyoto dengan suara khasnya melagukan lagu klasik Dermayonan yang disisipi pesan dengan balutan petuah dan wangsalan mengandung makna yang sangat dalam.  Sayangnya, ketika menyanyikan tembang Kelangon yang pernah dipopulerkan Susy Arzetty, suara Suyoto tak bisa mencapai nada tinggi.  Namun kehadiran tarling “Eka Budaya” cukup dapat menghibur. Terbukti ada juga pengunjung yang nyawer. 

                             Alunan musik tarling membuat petugas bank harus bersuara lebih keras memanggil nomor antrean nasabah.  Kalau tidak maka si nasabah akan terlewat dipanggil. "Semoga petugas teller tidak salah menghitung uang," harap seorang nasabah.  (Jeffry)

                                                     'Daplung' Wardhana di antara para nayaga.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger