Home » » Ketua Purna Paskibraka Indramayu Ajak Generasi Muda Punya Rasa Nasionalisme

Ketua Purna Paskibraka Indramayu Ajak Generasi Muda Punya Rasa Nasionalisme

Written By K2-911FM on Aug 17, 2013 | 3:46 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,17/8-2013, 15:42 WIB

                        Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Indramayu Frans Kartono Lasimpala, SH berharap kepada generasi muda bangsa untuk bersatu dan memperkuat kembali rasa nasionalisme yang mulai luntur.  “Kepada para orang-tuapun dapat mengajarkan cinta tanah air layaknya para pahlawan pendahulu kita,” katanya.

                        Kepada reporter K2 FM Dodo Mahayasa, Frans bercerita pengalamannya menjadi anggota Paskibraka Indramayu pada 1995 silam.  “Sejak masuk menjadi anggota Paskibraka, saya merasa sejak itu tumbuh rasa nasionalisme dalam dada,” terang Frans. Ia bangga dapat berperan penting menjalankan tugas mulia mengibarkan bendera merah-putih pada Upacara Kemerdekaan RI.  Maka ia mengajak kepada generasi muda untuk bangga kepada bangsa dan Negara serta kecintaan pada merah-putih. “Jangan malu mengungkap pekik merdeka sebagai bentuk semangat patriotisme dan rasa kebangsaan pada tanah air tercinta,” pesan Frans.

                        Paskibraka Indramayu, sukses menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih pada Puncak Upacara HUT Kemerdekaan ke-68 RI Tingkat Kabupaten Indramayu di Alun-alun Indramayu, Sabtu (17/8).  “Dari jumlah pendaftar sebanyak 1.500 orang, yang diterima sebagai anggota Paskibraka Indramayu 2013 hanya 52 orang.  Mereka sebelumnya telah melalui tahapan seleksi yang ketat,” jelas Frans. 

                        Persyaratan umum menjadi anggota Paskibraka yaitu bertaqwa kepada Tuhan YME, WNI, berkepribadian dan berakhlak mulia, berpenampilan simpatik dan menarik dan memiliki minat dan keinginan kuat menjadi Paskibraka.  Sedangkan persyaratan khusus, peserta harus dengan tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 155 cm, badan tegap tidak cacat gigi, kulit, mata dan kaki tidak berbentuk X atau O.  Peserta terdiri atas siswa kelas X SMA/SMK/MA berdomisili di Indramayu. 
  
“Kita mengenalkan kepada mereka agar ikut merasakan bahwa dulu para pahlawan kita begitu hebat dan bersemangat dalam mengibarkan bendera merah putih,” kata Frans.  Jiwa seorang pahlawan harus ditanamkan terlebih dahulu sehingga anak-anak mempunyai patriotisme yang tinggi.  (Jeffry)

Paskibraka Indramayu dalam sikap hormat di depan Inspektur Upacara.  (Photo : G. Azis/ Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger