Home » » Kuwu Sepakat Pembangunan Waduk ‘Buburgadung’ Dilanjutkan

Kuwu Sepakat Pembangunan Waduk ‘Buburgadung’ Dilanjutkan

Written By K2-911FM on Aug 29, 2013 | 3:12 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,29/8-2013, 15:08 WIB

                        Tak kurang dari puluhan kuwu dari tujuh Kecamatan di Indramayu sepakat agar pembangunan waduk ‘Buburgadung’ di Desa Loyang Kecamatan Cikedung dilanjutkan.  Hal ini terkait ada pihak yang berusaha menghambat pembangunan waduk dengan aksi-aksi anarkis.

                        Para kuwu beralasan, pembangunan waduk itu benar-benar dibutuhkan masyarakat terutama di Kecamatan Cikedung, Terisi, Lelea, Kandanghaur, Losarang, Gabuswetan dan Kroya.  Apalagi di wilayah tengah Indramayu khususnya Kandanghaur dan Losarang, kerap ditemui kendala bila musim hujan kebanjiran dan mengalami kekeringan di musim kemarau.  

Kuwu Wirapanjunan Kecamatan Kandanghaur Rosidi mengaku bahwa masyarakat petani di daerahnya kerap mengalami kerugian.  “Persoalannya kami harus menunggu banjir reda pada musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau mengalami terlambat tanam padi karena waduk Rentang dan Jatiluhur tak bisa diandalkan karena jauh,” kata Rosidi.  Adanya ‘Buburgadung’ menurutnya menjadi solusi untuk mengatasi persoalan pengairan di Kandanghaur.

                        Sementara itu Wakapolres Indramayu Kompol Dasmin Ginting, S.IK kepada K2 FM menyatakan siap untuk mengamankan, mensukseskan dan mendukung pembangunan waduk.  “Pembangunan waduk ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bila dalam pelaksanaan pembangunan ditemukan permasalahan agar dikomunikasikan dengan cara-cara yang baik, tidak berbuat anarkis,” pesan Dasmin.

                        Pembangunan waduk/embung ‘Buburgadung’ di Desa Loyang Cikedung sempat diprotes oleh sejumlah orang yang mengatasnamakan Serikat Tani Indramayu (STI) pada hari Minggu (26/8), bahkan kalangan menilai tindakan mereka bukan hanya menolak pembangunan bahkan cenderung anarkis.  Tindak lanjut atas ulah mereka, kuwu-kuwu mendatangi Mapolres Indramayu, Rabu (28/8).  Kuwu-kuwu menyayangkan sikap STI yang dianggap menghambat pembangunan waduk yang sudah diupayakan sejak 2009 itu.

Pada akhirnya disepakati diadakan sosialisasi di Balai Desa Loyang Cikedung pada hari ini, Kamis (29/8).  Sosialisasi ini menghadirkan pembicara dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, dihadiri pula oleh Wakapolres Indramayu Kompol Dasmin Ginting, S.IK, perwakilan Kodim 0616 Indramayu, Asda I Setda Indramayu H. Adithya Sidik Arjawinata, SH mewakili Bupati, para kuwu dan masyarakat setempat.

                        Inti dari sosialisasi ini untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat tentang pembangunan waduk  yang direncanakan rampung Desember 2013, serta mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi oleh oknum-oknum tak bertanggung-jawab pada pelaksanaan pembangunan waduk ‘Buburgadung’.  (Jeffry) 

                                       Asda I Setda Indramayu H. Adithya SA, SH. diwawancara K2 FM. (Photo: Muksin/K2 FM)
                                                       
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger