Home » » PSHT, Bela Diri Dan Persaudaraan

PSHT, Bela Diri Dan Persaudaraan

Written By K2-911FM on Aug 25, 2013 | 9:46 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,25/8-2013, 21:47 WIB

                        Meski berpusat di Madiun Jawa Timur, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) mempunyai cabang di seluruh tanah air, bahkan hingga Brunei Darussalam, Malaysia dan Kairo.  Pencak silat yang diajarkan Setia Hati ini dalam tingkat pertama berintikan seni olah raga yang mengandung unsur bela diri untuk mempertahankan kehormatan dan keselamatan.  

Namun dalam Setia Hati, pencak silat bukan hanya sebagai pendidikan ketubuhan atau olah fisik saja, melainkan lebih menyelami ke dalam lambang pendidikan kejiwaan untuk memiliki sejauh mana kepuasan hidup abadi lepas dari pengaruh rangka dan suasana.

                        PSHT Cabang Indramayu bermarkas di jalan Raya Leuwigede Kecamatan Widasari Indramayu di bawah pimpinan Agus Waskito Raharjo.  “Kegiatan PSHT yaitu mengadakan latihan di Sleman Jatibarang saban malam Rabu dan malam Minggu.  Selain latihan, juga ada pengarahan tentang pemahaman ke-SH-an,” kata pengurus Cabang PSHT Indramayu Heri.  PSHT yang punya sejarah panjang ini (berdiri 1903) mengususng motto Selama matahari terbit dari timur, selama bumi masih dihuni manusia dan selama itupula PSHT akan abadi jaya selamanya.

Heri yang tak mau disebut sebagai pendekar ini menambahkan, semua ajaran pencak silat sama, yang membedakan adalah tali persaudaran lebih erat.  Persaudaraan dalam PSHT dibuktikan dengan saling jabat tangan dengan anggota, menghormati sesama warga muda/tua, saling tolong menolong, adanya sambung anggota/warga demi mempererat persaudaraan di PSHT dan tak boleh tertanam rasa dendam.

Sementara itu Imron, pengurus Cabang Indramayu lainnya mengatakan, anggaran dana PSHT bersumber dari para anggota.  “Latihan dilakukan selama 6 bulan di tingkat cabang dan itupun baru sabuk polos.  Selanjutnya, tiap tiga bulan ada kenaikan sabuk ke jambon (merah muda), hijau dan putih melalui proses pendadaran,” ungkap Imron ketika diwawancara Gusti Azis pada program Unique Community K2 FM.
  
Tahap pendadaran atau ujian kenaikan tingkat ini menurut Imron merupakan proses paling berat.  PSHT Indramayu berencana akan menggelar even dalam waktu dekat.  “Kalau nanti ada even, akan dipadukan dengan berkolaborasi dengan musik,” ujar Heri ketika menjawab salah satu pendengar K2 FM.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger