Home » » Sukses Jual Beli ‘On Line’ Lewat JBLI

Sukses Jual Beli ‘On Line’ Lewat JBLI

Written By K2-911FM on Aug 26, 2013 | 10:03 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Senin,26/8-2013, 21:59 WIB

                        Tak dapat dipungkiri bahwa forum jual beli secara ‘on line’ di dunia maya memberi banyak manfaat.  Adalah Furry Ferdian, S.Pd yang membentuk group facebook bernama Jual Beli Lapak Indramayu (JBLI).  Selain berprofesi sebagai guru  SMPN 1 Sindang, ia mengelola JBLI sejak sekitar dua tahun lalu.  Kini anggota pada group facebooknya mendekati angka 13.000-an.

Sebelum membentuk JBLI, ia berpikir  bagaimana cara menjual barang-barang bekas yang masih laik pakai.  Daripada hanya memenuhi ruangan rumah, inisiatifpun muncul untuk menjual barang-barang itu lewat jejaring sosial facebook.   Meski ia sadar forum jual beli lewat internet telah banyak namun tak mengurungkan niat untuk membentuk JBLI, nama yang ia pikir menarik.  Sejak itu, guru yang bermukim di Perumnas Pabean Kencana ini punya aktivitas lain sebagai ‘admin’ serta mengajak rekannya Iko Sefti Lusiani.  Merekapun berbagi tugas, masing-masing menjadi ‘admin 1 dan 2’.

Keberadaan JBLI yang dikelola Furry mendapat respon luar biasa dengan bertambahnya anggota dari waktu ke waktu.  Ia mengaku tak mendapat atau meminta keuntungan apapun dari anggota.  “Semua keuntungan adalah milik member , saya cukup puas membantu memberikan rejeki untuk orang lain,” katanya.  Ia bangga dapat membantu orang lain menjualkan barang asal jujur, dengan niatan baik dan dilakukan tidak bertentangan dengan hukum.

Untuk menghindari penipuan, Furry membuat peraturan misalnya selama berjualan dilarang melakukan polis price, harus memasang harga,  nomor handphone dan alamat rumah dengan jelas agar proses ‘cod’ (cash on delivery) lancar.  Demi ketertiban,  ‘admin’ terkadang memberi peringatan agar tidak menumpang di lapak orang lain atau menawarkan produk pada kolom comment.
    
Jual Beli Lapak Indramayu (JBLI) menurutnya baru melaksanakan sekali kopdar alias kopi darat.  “Sementara ini alamat sekretariat berada di jalan Pari 1 nomor 45 Perumnas Pabean Kencana Indramayu,” tutur Furry didampingi Agan dan Sista di studio K2 FM, Sabtu (24/8).  Agan dan Sista adalah sebutan untuk anggota laki-laki dan perempuan pada JBLI.  Ia mengaharap bisa memanfaatkan JBLI dan meng-up date  untuk terus berada di atas agar selalu dibaca/dilihat. “Jangan lupa tetap waspada terhadap penipu yang berkeliaran di Internet. Jika ada yang iseng, apalagi penipuan maka JBLI tak segan melaporkan ke Humas Polri disertai data dan bukti-bukti kuat,” katanya.  (Jeffry)
Share this article :

+ comments + 1 comments

May 8, 2015, 9:07:00 AM

Saya kagum melihat perkembangan teknologi di indramayu, saya lihat situs www.indramayu.info dan itu membuat saya mengakui bahwa indramayu mempunyai SDM yang mumpuni untuk bersaing di kanca nasional bahkan dunia.

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger