Home » » Para Kicau Mania Semarakan Lomba Burung Berkicau Bupati Indramayu Cup 2

Para Kicau Mania Semarakan Lomba Burung Berkicau Bupati Indramayu Cup 2

Written By K2-911FM on Sep 2, 2013 | 10:04 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Senin,2/9-2013, 22:01 WIB

                        Dalam rangka menyambut hari jadi ke-486 Indramayu, Indramayu Bird’s Club (IBC) menggelar Lomba Burung Berkicau Bupati Indramayu Cup 2 di area Stadion Tridaya Indramayu, Minggu (1/9).  Sejumlah 508 peserta memeriahkan ajang setahun sekali sebagai even lanjutan Bupati Cup tahun lalu.

                        Peserta bukan hanya diikuti oleh kicau mania dari Ciayumajakuning, tapi berdatangan dari luar daerah seperti Subang, Sumedang, Bandung, Bekasi, Jakarta dan Semarang.  Jenis burung yang dilombakan meliputi murai batu, cucak hijau, anis merah, kacer, lovebird, pentet, kenari, cucak jenggot dan pleci.

                        Bagi para kicau mania, tiap ajang lomba burung berkicau sering mereka ikuti.  Seorang peserta bahkan bisa mengikutkan lebih dari dua burung pada kelas-kelas tertentu.  Panitia menetapkan kelas-kelas dalam lomba ini menjadi kelas Bupati Indramayu, kelas Jatijajar, kelas Eb. Ojoss, kelas IBC dan kelas Pendopo.

                        Lomba Burung Berkicau Bupati Indramayu Cup 2 didominasi oleh keunggulan burung milik peserta asal Jakarta, Yudi Voltus.  Pada kelas Bupati dan Nyi Endang Darma, ‘Tati’ meraih jawara untuk jenis murai batu.  Di kelas Jatijajar, kicauan cucak hijau milik Yudi yang diberi nama ‘Messi’ menempati juara 3.  Sedangkan murai batu ‘Metrik’ pada kelas IBC, ia harus puas menempati juara 4. 

                        Ketua Pelaksana AKP. I Nyoman Dita mengatakan, lomba ini bertujuan menjaga dan melestarikan burung kicau khas Indonesia serta mempromosikan wahana wisata yang ada di wilayah kabupaten Indramayu.

                        Sementara Ketua panitia Hery K ‘PDAM’ saat ini tengah mengupayakan agar even ini dimasukkan dalam anggaran Disporabudpar sehingga tidak susah dalam hal penggalangan dana.  “Insya Allah jika keinginan kami diakomodir Pemkab, tahun depan akan menyediakan tropi Bupati, entah tetap atau bergilir,’ kata Hery.  Keberadaan IBC menurutnya saat ini sudah diakui luas oleh kicau mania di mana-mana.  "Belum lagi klub-klub pecinta burung di kecamatan-kecamatan.  IBC sendiri rutin melakukan latber di seputaran Stadion Tridaya tiap hari Sabtu," ujar pegawai PDAM Tirta Darma Ayu ini kepada K2 FM.   (Jeffry)

                                          Para 'kicau mania' antre melengkapi persyaratan lomba.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger