Home » » K2 FM Pantau 6 Kecamatan Pasca Banjir

K2 FM Pantau 6 Kecamatan Pasca Banjir

Written By K2-911FM on Jan 31, 2014 | 11:39 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,31/1-2014, 11:39 WIB

                        Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Indramayu, berdampak pada kerusakan beberapa infra struktur dan sarana publik.  Kerusakan pada sejumlah ruas jalan, sektor pertanian, pertambakan, pemukiman dan fasilitas umum yang terendam, bukan hanya terjadi di pelosok desa melainkan di ibukota Kecamatan dan kota.
   
                        Hal itu terlihat di 6 kecamatan yang berada di wilayah selatan Indramayu : Balongan, Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng, Sliyeg dan Jatibarang.  Pantauan K2 FM pasca banjir melalui data dari Satlak Posko Banjir di tiap kantor Kecamatan, menyebutkan dampak akibat bencana banjir lebih banyak menimpa pada sektor pertanian. 

                        “Di kecamatan Karangampel, sawah yang terendam banjir seluas 1.616 hektar di hampir 11 desa yang ada,” kata Camat Karangampel Drs. Dadang Rusyanto, M.Si. Sementara 1.700 rumah digenangi air setinggi 30-40 sentimeter. Untuk pemukiman penduduk, tercatat 21 rumah roboh, 6 rusak berat dan 13 rumah rusak ringan.  Pihaknya telah menyalurkan bantuan sembako serta perbaikan rumah kategori rusak ringan.

                        Kerusakan jalan dengan banyak lubang dan cukup dalam dijumpai di Kecamatan
Balongan yang menjadi akses utama dilaluinya kendaraan berat tanki Pertamina.  Pemandangan itu tampak di perempatan lampu merah Sukaurip tak jauh dari kantor camat. “Bahkan banjir sempat menggenangi seluruh ruang kantor camat setinggi 20 sentimeter,” ujar Camat Balongan Drs. H. Bastoni, M.Si melalui seorang staf.  Ketika diminta keterangan terkait banjir, data menurutnya ada pada Kasi Kessos Drs. Erwin Pujadi yang tengah rapat. Sampai Kamis kemarin, bentangan pesawahan sepanjang jalan raya Balongan masih digenangi banjir.

                        Perhatian Pemkab Indramayu atas kejadian bencana banjir di Kecamatan Krangkeng diwujudkan dengan pemberian sembako kepada korban.  Bupati menyalurkan bantuan sembako kepada ratusan korban yang bertempat di kantor Kuwu Desa Krangkeng pada Kamis (30/1).  Saat K2 FM tiba di lokasi, warga tengah berebut sembako.  Agar penyaluran berlangsung tertib, Kasi Trantib Kecamatan Krangkeng Drs. H. Memen Sulaeman bersama anak buah dibantu aparat Polsek dan Koramil setempat, membantu proses pembagian paket yang berisi beras, gula dan mie instan itu.
      
                        Sementara kesibukan pelayanan masyarakat sudah mulai tampak di kantor Kecamatan Juntinyuat.  Selain berlangsung pelayanan umum seperti pembuatan KTP dan lain-lain, di aula sedang digelar Musyawarah Antar Desa LPJ Kelembagaan PNPM Mpd Tahun Anggaran 2013 dan Perguliran SPP Tahun Anggaran 2014 yang dipimpin camat Sutrisno, S.IP dengan peserta perwakilan aparat desa dari 12 desa yang ada di wilayah Kecamatan Juntinyuat.

                        Dua kecamatan masing-masing Sliyeg dan Jatibarang seperti terpantau K2 FM, meski tak separah kecamatan lain namun aparat kecamatan tetap bersiaga mengantisipasi jika terjadi banjir susulan.  Aktivitas di kantor kecamatanpun masih berlangsung hingga sore karena hari Jum’at libur dalam rangka hari raya Imlek.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger