Home » » Majelis Ta’lim Pendopo Kabupaten Indramayu Menyelenggarakan Pengajian

Majelis Ta’lim Pendopo Kabupaten Indramayu Menyelenggarakan Pengajian

Written By K2-911FM on Jan 16, 2014 | 12:20 PM


INDRAMAYU - K2 FM – Kamis, 16/1-2014, 12:20 WIB

                        Hari ini MATAPENYU menyelenggarakan pengajian rutin pada hari Kamis (16/1) yang dihadiri oleh para Staf yang ada di Pendopo Kabupaten Indramayu. Pada pengajian tersebut disampaikan oleh Ust. Ahmad Sulthoni, beliau adalah Alumnus Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal Jawa Tengah.

                        Ustadz Ahmad Sulthoni mengangkat tema tentang “Iman & Takwa”. Dalam hadist diriwayatkan Ibnu Majah Atthabrani, bahwa iman didefinisikan dengan keyakinan dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diwujudkan dengan amal perbuatan (Al-Iimaanu ‘aqdun bil qalbi waiqraarun billisaani wa’amalun bil arkaan). Dengan demikian, iman merupakan kesatuan atau keselarasan antara hati, ucapan, dan laku perbuatan, serta dapat juga dikatakan sebagai pandangan dan sikap hidup atau gaya hidup.

           Kata takwa dalam etimologi bahasa Arab berasal dari kata kerja yang memiliki pengertian menutupi, menjaga, berhati-hati dan berlindung. Oleh karena itu Imam Al Ashfahani menyatakan bahwa Takwa adalah menjadikan jiwa berada dalam perlindungan dari sesuatu yang ditakuti, kemudian rasa takut juga dinamakan takwa. Sehingga takwa dalam istilah syar’i adalah menjaga diri dari perbuatan dosa.

                        Iman dan takwa sangatlah penting untuk kehidupan kita agar bisa memilih perbuatan baik dan perbuatan buruk. “Kepala dan yang ada di sekitar kepala, di antaranya mata, mulut dan telinga harus dijaga agar kita tidak terjerumus ke dalam neraka”, ujar Ust. Ahmad Sulthoni. Iman sebagai tolak ukur di dalam kehidupan kita, harus ditanamkan kepada anak cucu kita. Selain Iman, ada juga Ikhsan yang artinya ibadah khusyu.

                        Pengajian berlangsung secara hikmat hingga akhir acara. MATAPENYU rutin menyelenggarakan pengajian di Pendopo Indramayu setiap hari Kamis dan disiarkan langsung oleh K2 FM. (Gusti Aziz, Agy, Sandi)

                                                        Ustadz Ahmad Sulthoni ketika memberikan ceramah. (foto : Agyar)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger