Home » » Arief Purnama Juarai Olimpiade Biologi, Tuan Rumah Runner Up

Arief Purnama Juarai Olimpiade Biologi, Tuan Rumah Runner Up

Written By K2-911FM on Mar 15, 2014 | 9:32 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,15/3-2014, 21:32 WIB

                        “Olimpiade Biologi Antar SMA/MA Se-Wilayah III Cirebon” yang dilaksanakan di aula Unwir Indramayu Sabtu (15/3) didominasi oleh siswa-siswi asal Cirebon. Even yang berakhir sampai sore hari itu, dimenangkan oleh Arief Purnama sebagai juara pertama. Siswa SMA N 2 Cirebon itu berhasil menyingkirkan 3 finalis lain dengan raihan poin tertinggi, 830.

                        Tuan rumah Indramayu, menempatkan Aditya Yuda meraih juara ke-dua.  Aditya, siswa SMA N 1 Sindang meraup skor total 770.  Juara ke-tiga kembali jatuh ke Kota Udang atas nama Yuliana Grace (SMA Kristen Penabur) dengan nilai 700 dan juara Harapan diraih Sasha Yone (SMA N 2 Cirebon) dengan nilai 680.

                        Olimpiade Biologi yang baru pertama digelar oleh HMJ Biologi FKIP Unwir itu berlangsung sehari.  Sebanyak 42 peserta dari 14 sekolah SMA/MA Se-Wilayah Ciayumajakuning, setelah melalui babak penyisihan, ditetapkan 10 semi finalis yang berhak melaju ke babak final.  Panitia menetapkan 4 finalis yang bertarung merebut 4 orang juara.

                        “Saya harapkan ke depan, pertanyaan dewan juri harus punya tingkat kesulitan yang tinggi,” kata Arief salah seorang pemenang.  Ia juga berharap peserta lebih banyak lagi dari tahun sekarang.  Materi so’al yang diajukan tiga orang juri di babak final dinilai kurang berbobot.

                        Panitia sepertinya kurang jeli menetapkan waktu pelaksanaan lomba.  Hal itu diakui oleh Ketua Pelaksana Gita Ayu Lestari, sehingga berdampak sedikitnya jumlah peserta yang ikut.  Pihaknya memang telah merencanakan kegiatan ini sejak Januari 2014, namun dalam kalender pendidikan, ternyata pelaksanaan olimpiade bertepatan dengan ujian SMA secara nasional.

                        Sebelum menutup kompetisi, Ketua Juri H. Syamsuni, M.Pd yang juga dosen FKIP Unwir berkomentar, bahwa olimpiade ini adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh HMJ Biologi FKIP Unwir Indramayu. Menyikapi usulan peserta agar tingkat kesulitan so’al lebih ditingkatkan, ia menyambut baik dan menjadi masukkan berharga untuk pelaksanaan mendatang.

                        Juara 1, 2, 3 dan juara Harapan, diberikan tropi dan piagam penghargaan. Siswa-siswa yang tidak masuk semi final maupun babak final, diketahui telah lebih dahulu pulang bersama guru pembimbing.  (Jeffry)             

                                                            Tiga orang penguji di babak final.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger