Home » » Seputar Perdebatan Penetapan Tanggal Hari Musik Nasional

Seputar Perdebatan Penetapan Tanggal Hari Musik Nasional

Written By K2-911FM on Mar 10, 2014 | 10:08 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Senin,10/3-2014, 22:08 WIB

                        Keputusan Presiden nomor 10 Tahun 2013 menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.  Penetapan 9 Maret didasari tanggal kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman.  Sumber lain menyebutkan tanggal lahir WR Supratman bukan 9 Maret, tapi 19 Maret.

                        Penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sudah menjadi ketetapan resmi pemerintah. Meski terdengar asing di telinga masyarakat, HMN sebenarnya sudah menjadi hari peringatan nasional yang ditetapkan oleh Megawati Soekarnoputeri kala menjabat Presiden RI tahun 2003.  Lantas ditindak lanjuti dengan dikeluarkannya Keppres No. 10/2013 oleh Presiden SBY.

                        Menilik sejarah tentang kelahiran WR Supratman, ternyata masih terjadi perdebatan. Buku-buku sejarah menulis bahwa Wage lahir di Meester Cornelis (sekarang Jatinegara) Jakarta, 9 Maret 1903.  Menurut Soekoso DM, anggota Tim Penelusuran Sejarah WR Supratman, keterangan bahwa Wage lahir di Meester Cornelis berdasarkan pengakuan kakaknya, Roekijem.  Kemungkinan dia yang bersuami orang Belanda itu merasa malu jika Wage sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya lahir di desa.

                        “Keterangan Roekijem dituliskan Oerip Supardjo kepada Matumona, penulis biografi WR Supratman.  Namun Oerip telah meralat keterangan itu dengan menyebut bahwa Wage lahir di Somongari,” ujar Soekoso, dikutip Kompas 31 Desember 2008.  

Nama ‘Rudolf’ ditambahkan Roekijem Supratijah agar adiknya bisa sekolah di Europe Lagere School sewaktu Roekijem, Van Eldik suaminya dan Wage tinggal di Makasar.

Pada 29 Maret 2007, Pengadilan Negeri Purworejo menetapkan bahwa WR Supratman lahir di pada Kamis Wage, 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.  “Surat permohonan perubahan tempat dan tanggal lahir WR Supratman telah berada di Sekretariat Negara di Jakarta,” kata Wakil Bupati Purworejo Mahsun Zain, dikutip Kompas.

Keterangan tempat dan tanggal lahir Wage di Somongari 19 Maret 1903 telah diungkap dalam film dokumenter karya Dwi Raharja berjudul Saksi-Saksi Hidup Kelahiran Bayi Wage yang selesai dibuat pada Desember 1977.

Komentar boleh beragam, tapi harapan sebenarnya mesti seragam : sama-sama punya sikap agar musik tanah air maju, berkembang dan ‘stop pembajakan’.  (Jeffry)       
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger