Home » » Hari Ini Puncak Acara Nadran Karangsong

Hari Ini Puncak Acara Nadran Karangsong

Written By K2-911FM on Apr 20, 2014 | 10:10 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,20/4-2014, 10:10 WIB

                        Pesta laut (nadran) nelayan Karangsong Kecamatan Indramayu yang dihelat hari ini, Minggu (20/4) dipastikan membuat arus lalu-lintas di sekitar lokasi macet.  Apalagi hari ini digelar arak-arakan berupa sesajen yang bakal dilarung ke laut sebagai salah satu prosesi ritual nadran.

                        Kemacetan sudah mulai tampak sejak kemarin di sekitar KPL Mina Sumitra jalan Pantai Song dan perempatan Karang Turi.  Sabtu (19/4) sore, warga dihibur pagelaran wayang kulit Langen Budaya.  Sementara di halaman kantor KPL Mina Sumitra disiapkan miniatur perahu yang akan membawa sesajen dan kepala kerbau untuk diarak menuju Pantai Song.

                        Sesuai jadwal prosesi pelaksanaan Nadran Karangsong, hari ini diisi dengan upacara pelepasan meron.  Sedangkan di TPI Karangsong, masih digelar wayang Kulit Langen Budaya bersama dalang H. Rusdi.  Selain hiburan gratis bagi warga nelayan setempat berupa seni tradisional, panitia mendatangkan OM Monata bertempat di Yayasan Karangsong. Orkes Melayu asal Jatim ini kembali pentas malam nanti, didahului dengan pesta kembang api pada pukul 19.30 WIB.  

Sejumlah nelayan dalam beberapa pekan terakhir sengaja melabuhkan perahu, khusus untuk menyaksikan pesta laut ini. Bahkan komunitas nelayan asal Indramayu dari Muara Angke, Cilincing, Kali Baru, Koja di Jakarta Utara turut hadir. 

Puncak kegiatan pesta laut (nadran) Karangsong, sebagai perwujudan syukur atas hasil laut yang melimpah bagi mayoritas nelayan yang berpenghasilan dari melaut. Selain itu, pesisir Karangsong menjadi tempat pemberangkatan wisatawan untuk melakukan perjalanan ke Pulau Biawak.  Sebagian nelayan Karangsong memanfaatkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan dalam penyeberangan wisatawan ke pulau yang berjarak 40 mil tersebut.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger