Home » , » Kemenhub Sosialisasikan Keselamatan Perkeretaapian Di Indramayu

Kemenhub Sosialisasikan Keselamatan Perkeretaapian Di Indramayu

Written By K2-911FM on Apr 15, 2014 | 2:05 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Selasa,15/4-2014, 14:05 WIB

                        Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian akan mengadakan sosialisasi ‘Keselamatan Perkeretaapian’ selama dua hari di Indramayu.  Diungkapkan Kepala Seksi Penanganan Keselamatan Perkeretaapian  Hari Susanto yang datang bersama rombongan di kantor Dishubkomifo Indramayu Selasa, (15/4).

                        Hari menjelaskan, tim sebanyak 5 orang dari Jakarta itu tengah mengadakan survey selama tiga hari di Indramayu sebagai persiapan sosialisasi pada 29 – 30 April 2014 nanti.  Dalam sosialisasi digelar dua kegiatan yakni pemaparan di sekolah dan talk show di radio.  Sasaran kegiatan ditujukan untuk pelajar SLTP-SLTA-mahasiswa dengan nara sumber dari Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat, budayawan dan akademisi.

                        Dirjen Perkeretaapian akan mendatangi beberapa sekolah untuk memberikan materi dan pemutaran video tentang kampanye keselamatan perkeretaapian. “Kita utamakan sosialisasi ini untuk kalangan pelajar dulu karena merekalah yang bakal menjadi pelopor keselamatan perkeretaapian,” tambahnya. Pihaknya juga sudah mengagendakan pembagian brosur, kaus, tas, pin, topi dan door prize kepada peserta.

                        Hasil dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa disebar luaskan ke pelajar lain mengingat tidak semua sekolah didatangi.  “Paling tidak diinformasikan ke pihak keluarga masing-masing akan pentingnya keselamatan saat berada di jalur lalu-lintas kereta api,” tandas Hari.

                        Kegiatan serupa menurut Hari telah dilaksanakan di kota Kendal Jawa Tengah 27 - 28 Maret 2014. Setelah Indramayu, dilanjutkan ke Cepu, Banten dan Surabaya. Sosialisi digelar untuk memberikan pemahaman bahwa keselamatan bukan hanya di jalan raya, melainkan sewaktu berada di area perlintasan kereta api.

                        Terkait sering terjadinya peristiwa kecelakaan di perlintasan kereta api, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan pemerintah daerah sepakat untuk membuat perlintasan kereta api tidak sebidang.  Hal itu mengantisipasi pelanggaran yang kerap dilakukan pengendara yang menerobos perlintasan kereta api.  “Untuk membangun under pass atau fly over memang harus satu komitmen dari berbagai unsur termasuk diperlukan kedisiplinan masyarakat agar tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan,” ujar Hari.  

                             Data kecelakaan tabrakan antara kereta api dan kendaraan umum menurut sumber dari Direktorat Keselamatan Perkeretaapian menyebutkan, jumlah kecelakaan di tahun 2013 menurun dibandingkan 2012 yakni dari 18 kali menjadi 13 kali.  Namun pada kurun waktu yang sama, korban meninggal dan luka-luka justru mengalami kenaikan.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger