Home » » Polres Imbau Sekolah Waspadai Kejahatan Seksual Anak

Polres Imbau Sekolah Waspadai Kejahatan Seksual Anak

Written By K2-911FM on May 23, 2014 | 11:11 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,23/5-2014, 11:11 WIB

                        Kepolisian Daerah Jawa Barat mengeluarkan maklumat kepada seluruh jajaran Polres agar mengimbau masyarakat terkait meningkatnya kasus kejahatan dan kekerasan seksual terhadap anak di wilayah hukum Polda Jawa Barat.  Kasus tersebut akhir-akhir ini mencuat dan kerap terjadi di lingkungan sekolah oleh oknum pengajar yang mempunyai perilaku menyimpang. Polres Indramayupun kini gencar memberikan pemahaman dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat (public awareness) terhadap kejahatan 'paedopholia'.

                        Institusi pendidikan seharusnya menjadi tempat anak mendapatkan pendidikan, keteladanan, perlindungan dan kenyamanan saat belajar, namun ternyata menyimpan potensi kejahatan kekerasan dan pelecehan terhadap siswa sekolah. Peristiwa pelecehan justru dilakukan orang dalam di lingkungan sekolah.  Hal itu bisa saja terjadi di manapun.

                        Terhadap kondisi itu, Kepolisian Resor (Polres) Indramayu mengimbau kepada lembaga pendidikan, sekolah, tempat kursus dan pesantren yang memiliki fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), agar melakukan pendataan kesehatan terhadap para pengajar dan staf pendidikan.

                        “Agar tidak terjadi tindak kejahatan seksual terhadap anak-anak, diserukan untuk melakukan pengawasan terhadap tempat atau lokasi di lingkungan sekolah dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV) sebagai upaya pencegahan dan perlindungan anak-anak dari ancaman para pelaku ‘paedophilia’,” kata Kapolres Indramayu AKBP Wahyu Bintoro HB, S.IK, MH menyikapi isi maklumat Polda Jabar. 

                        Paedhophilia adalah salah satu bentuk kelainan psiko seksual orang dewasa/remaja, di mana pelaku memiliki hasrat seksual yang abnormal kepada anak-anak, sehingga seringkali melakukan kekerasan seksual dengan objek anak-anak.  Hal itu semakin berbahaya karena ketidak mampuan anak menolak bujukan bahkan ancaman pelaku.

                        Selain kepada sekolah, Polres menekankan kalangan orang tua supaya mengawasi putera-puteri yang bergaul atau memiliki teman sepermainan yang lebih tua/dewasa.  Orang tua dan masyarakat wajib berperan memberikan informasi keberadaan para pelaku ‘paedophilia’, serta melaporkan kepada pihak kepolisian jika mengetahui atau menemukan kasus kekerasan seksual terhadap anak-anak di tempat tinggalnya.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger