Home » » Camat Losarang Minta Pemkab Bantu Normalisasi Pengairan

Camat Losarang Minta Pemkab Bantu Normalisasi Pengairan

Written By K2-911FM on Jun 12, 2014 | 9:11 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,11/6-2014, 09:11 WIB

                        Camat Losarang Kabupaten Indramayu, meminta Hj. Anna Sophanah selaku Bupati Indramayu untuk memperhatikan masalah pengairan di wilayahnya. Hal itu diungkapkan Camat Mismaka, S.Pd, M.Si pada saat kunjungan Bupati dalam rangka kunjungan kerja Bupati di Desa Muntur Kecamatan Losarang, Selasa (10/6).

                        “Kondisi pertanian di Kecamatan Losarang saat ini sangat memprihatinkan karena harus bersusah payah mencari air untuk mengatasi pengairan terutama di musim gadu,” katanya.  Mismaka mengaku meskipun telah dilakukan upaya perbaikan sistim irigasi, namun masih ada yang belum tersentuh seperti normalisasi saluran sekunder, saluran pembuang dan sungai.

                        Camat juga berharap kepada Bupati dan dinas terkait, agar dilakukan normalisasi akibat dangkalnya muara-muara, saluran pembuang dan sungai sehingga ke depan tidak terjadi banjir. Bagi Muspika dan para kuwu, kehadiran Bupati ke Losarang merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan keluh kesah agar Pemkab serius menanggapi permasalahan tersebut.

                        Terkait infrastruktur jalan di Kecamatan Losarang, saat ini masih terdapat jalan-jalan desa yang kurang baik.  Selain itu, masyarakat desa Cemara menghendaki perbaikan jembatan di Kali Blendung sehingga dapat memperlancar arus transportasi antar wilayah.  Demikian pula jembatan di sungai Cipanas yang merupakan infrastruktur penghubung petani untuk membawa pupuk, obat-obatan pertanian termasuk mengangkut hasil/produk pertanian.  Ke-dua sarana vital desa itu menurut Camat perlu segera ditangani.

                        Menanggapai laporan Camat Losarang, Bupati menegaskan bahwa perbaikan sarana jalan memang perlu dilakukan untuk pertumbuhan perekenomian warga di pelosok daerah.  “Perbaikan untuk pengecoran jalan memakan biaya sebesar 3 miliar rupiah per kilometer, sementara jalan-jalan di seluruh Kabupaten Indramayu 860 kilometer. Maka jika dikerjakan perbaikan seluruhnya memakan biaya sekitar 24 trilyun rupiah, sedangkan APBD Kabupaten Indramayu hanya 2,4 trilyun rupiah,” terang Anna.

                        Untuk itu, di sisa jabatan Anna sebagai Bupati Indramayu, ia berupaya dapat menyelesaikan seluruh program Pemkab termasuk di antaranya infra struktur jalan.  Dengan terpilihnya putera daerah Dr. H. Irianto MS Syafiuddin (Yance) menjadi anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, sangat dimungkinkan akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kabupaten Indramayu. 

                        Bupati juga mengharapkan sektor kesehatan dan pendidikan harus terealisasi di Kecamatan Losarang. Bentuk kepedulian Pemkab terhadap bidang ini dengan digulirkannya program Kasep (Kartu Sehat dan Kartu Pintar) untuk membantu warga tak mampu bisa bersekolah dan layak hidup sehat. 

                        Di tahun 2014 ini, Kecamatan Losarang mendapat bantuan proyek pembangunan sebesar 6,5 miliar rupiah.  Sedangkan beberapa desa memperoleh bantuan di luar Alokasi Dana Desa (ADD), yaitu desa Cemara Kulon, desa Muntur dan desa Santing masing-masing 200 juta.  Sementara untuk desa Losarang, desa Pegagan, desa Rajaiyang dan Ranjeng 100 juta.  “Mudah2an dengan bantuan ini bisa membenahi desanya masing-masing,” harap Bupati.  (Jeffry)     

                                                       Para Kuwu penerima bantuan dari Pemkab.  (Photo : G. Azis/K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger