Home » » Kemenag Indramayu Gelar Sosialisasi dan Optimalisasi Zakat

Kemenag Indramayu Gelar Sosialisasi dan Optimalisasi Zakat

Written By K2-911FM on Jun 27, 2014 | 2:39 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,27/6-2014, 14:39 WIB

                        Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu menggelar Sosialisasi dan Optimalisasi Zakat di aula Kemenag, Jum’at (27/6). Sosialisasi dihadiri Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, Kepala Kantor Kemenag Indramayu Drs. H. Yayat Hidayat, M.Ag dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Indramayu Drs. H. Mohammad Mudor, M.Si.

                        Bupati mengatakan, ada empat sumber bantuan dalam penanggulangan masalah kemiskinan di Kabupaten Indramayu, yakni zakat melalui Badan Amil Zakat (BAZNAS), Yayasan Gerakan Masyarakat Perduli Keluarga Miskin (Gempur Gakin), CSR dari BUMN/BUMD dan APBD Daerah.

                        Masyarakat miskin di Indramayu lanjut Anna, ternyata masih banyak yang belum terakomodir dalam upaya penanggulangan masalah kemiskinan.  Ia mengimbau untuk bersama mengkaji kembali apakah bantuan itu tidak tepat sasaran ataukah belum terdata.  Badan Pusat Statistik (BPS) Indramayu mencatat bahwa 25 % penduduk Indramayu tergolong miskin.  “Kenyataan di lapangan juga ditemukan ada warga mampu yang mengaku miskin,” kata Bupati.

                        Di depan para Kepala KUA, Pengawas, Kepala Madrasah setingkat MI, MTs maupun MA, Anna mengajak untuk mengoptimalisasi pengumpulan zakat melalui BAZNAS sesuai Inpres Nomor 3/2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat. 

                        Sementara Ketua BAZNAS Indramayu Drs. H. Mohammad Mudor, M.Si menuturkan, dalam Inpres itu disebutkan bahwa Kementerian/Lembaga, Sekjen Lembaga Negara, Sekjen Komisi Negara, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD agar mendorong dan memfasilitasi pegawai/karyawan yang beragama Islam di lingkungan instansi masing-masing untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional.  Sedangkan kepada Menteri Dalam Negeri, mendorong gubernur/bupati/walikota untuk melakukan optimalisasi pengumpulan zakat di satuan kerja/organisasi perangkat daerah dan BUMD melalui Baznas Propinsi/Kabupaten/Kota.

                        Proses pengumpulan dan pendayagunaan zakat fitrah dikelola lewat beberapa jalur. Jalur masyarakat ditangani BAZ Kecamatan atau Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan. Jalur siswa TK/SD sebagai pengumpul zakat dilaporkan melalui UPTD Pendidikan kemudian ke BAZNAS, dan jalur SMP/SMA/SMK dari UPZ Kecamatan dilaporkan ke Disdik Indramayu.  Sedangkan MI/MTs/MA dilaporkan ke Kantor Kemenag Indramayu.  

                        “Kepada sekolah MI/MTsn dan MA akan segera dibagikan kupon karena pemanfaatan zakat melalui jalur sekolah sangat potensial,” ujar Mohammad Mudor.  (Jeffry) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger