Home » » H-6 Arus Mudik, Pantura Indramayu Ramai Lancar

H-6 Arus Mudik, Pantura Indramayu Ramai Lancar

Written By K2-911FM on Jul 22, 2014 | 9:16 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Selasa,22/7-2014, 21:16 WIB

                        Arus kendaraan yang melintas di wilayah pantura Indramayu pada H-6 hari Selasa (22/7) cukup ramai namun lancar. Pos Perhitungan kendaraan Dishubkominfo Indramayu di lingkar Lohbener mencatat,  antara jam 07.00 – 08.00 pagi jumlah kendaraan berbagai jenis dari arah Jakarta ke Cirebon sebanyak 3.738.  Kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta hanya 1.451 kendaraan.

                        Jumlah tersebut terus menurun hingga siang hari,  Data terakhir pada jam 12.00 siang, jumlah kendaraan turun ke angka 2.000-an dari arah Jakarta ke Cirebon, dan 1.174 kendaraan dari arah sebaliknya.  Hal itu membuat pemudik dapat melajukan kendaraan dengan kecepatan di atas 70 kilometer per-jam akibat jalanan cukup lengang.

                        Jika pada pagi kendaraan didominasi bus-bus besar, menjelang siang mulai dipadati pemudik sepeda motor.  Secara keseluruhan, jenis kendaraan sepeda motor tercatat paling banyak yakni di atas rata-rata 1.000 kendaraan/jam.  Sementara sedan, kijang, bus sedang, bus besar, pick up dan truk relatif sedikit.

                        Pantauan K2 FM di lingkar Lohbener, masih banyak dijumpai truk-truk besar dan tronton yang melenggang di pantura yang merupakan jalur terpadat di pulau Jawa.  “Kendaraan besar jenis ini akan dilarang beroperasi di pantura mulai H-4,” kata Kasi Lantas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu H. Kusin kepada wartawan.
                        Menurutnya, larangan itu akan diberlakukan pada H-4 atau Kamis (24/7) kecuali truk pengangkut sembako dan truk tanki BBM.  Kusin bersama petugas Dishubkominfo akan terus berada di lokasi hingga H+7 lebaran untuk penghitungan kendaraan yang melintas di pantura Indramayu.

                        Pos Perhitungan Dishubkominfo berlokasi beberapa puluh meter dari pertigaan Celeng Lohbener.  Posisinya berada di sisi sebelah kanan jalan raya arah Jakarta.  Tiga petugas terdiri dari dua orang pencatat kendaraan dan seorang merekap jumlah kendaraan per jam.  Pos ini dilengkapi papan hasil perhitungan yang dapat dilihat oleh umum dan pengeras suara untuk memberikan petunjuk arah bagi pemudik.

                          Hingga H-6 hari ini, papan yang terpasang belum ada keterangan tulisan apapun, padahal perhitungan telah berjalan selama dua hari.  “Nanti ada petugas sendiri yang akan menulis,” ujar Kusin. (Jeffry) 

 Truk besar di antara arus pemudik.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger