Home » » KKN IAIN Syekh Nurjati Di Tugu Lor Kembangkan SDM Warga

KKN IAIN Syekh Nurjati Di Tugu Lor Kembangkan SDM Warga

Written By K2-911FM on Jul 20, 2014 | 10:24 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,20/7-2014, 22:24 WIB

                        Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri “Syekh Nurjati” Cirebon, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tugu Lor Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.  Target yang ingin dicapai yaitu terbentuknya posdaya sebagai sarana pemberdayaan keluarga dan penduduk dalam rangka pengembangan SDM warga setempat.

                        Beragam suka duka diungkapkan mahasiswa selama KKN, terutama mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 45 yang berlokasi di Desa Tugu Lor Kecamatan Sliyeg.  Kelompok yang berjumlah 10 mahasiswa itu mengaku banyak mendapatkan pengalaman terjun langsung ke masyarakat.  Apalagi dalam pelaksanaan KKN bertepatan dengan Ramadhan 1435 Hijriyah.

                        “Layaknya tradisi muslim di bulan suci Ramadhan, di sela KKN, kamipun ngabuburit dan belanja buat menu buka puasa,” tutur seorang mahasiswa. Sebagian mahasiswa lain mengunjungi pantai Balongan berkendara motor roda tiga. Kesan itu bagi mahasiswa adalah momen yang tak bisa dilupakan. 

                        “Cuma kalau tidur banyak nyamuk, ke kamar mandipun harus antre, kemudian ketika kebagian tugas muqadimah saling tunjuk,” kata mahasiswa lain. Namun hikmah semua itu, mahasiswa mendapat teman, bahkan saudara baru di tempat KKN.

            Kegiatan KKN yang telah dilaksanakan di Desa Tugu Lor meliputi sosialisasi kepada pemuda dan masyarakat, pembelajaran mengaji kepada anak-anak sekitar lingkungan posko KKN setiap sore hari, pembelajaran Pesantren Kilat di SD dan Madrasah Desa Tugu, pembagian Al-Quran ke semua mushola dan mesjid di desa Tugu, Tarawih Keliling ke semua mushola dan mesjid, Muqadimmah tiap pagi di mesjid, pengajuan bibit tanaman dan fasilitas kebersihan kepada Dinas-Dinas terkait, penanaman bibit cabe di lingkungan sekitar posko dan pelaksanaan buka puasa bersama serta tausiyah.

Kelompok KKN 45 merupakan satu dari 120 kelompok KKN yang menyebar ke sebagian kecamatan di wilayah Kabupaten Indramayu.  LPPM IAIN “Syekh Nurjati” membagi wilayah kerja untuk pelaksanaan KKN Tematik Posdaya dari kelompok 1 – 100 di kecamatan Krangkeng, Karangampel, Juntinyuat, Kedokanbunder, Sliyeg, Jatibarang, Widasari, Bangodua dan Tukdana.  Dan KKN Tematik IPM kelompok 101 – 120 di kecamatan Sukagumiwang dan Kertasemaya.  Tiap kelompok dibimbing seorang dosen pembimbing lapangan.

Sebagian mahasiswa dari kelompok KKN 45 berkesempatan dialog di K2 FM, Sabtu (19/7).  Mereka adalah Jamaludin Nugraha (Muamalat Ekonomi Perbankan Islam), Hadid Setiadi (Pendidikan Agama Islam), Fu’ad Nazli (Akhwal Asy-Syakhsiyah), Yuliana Putri (Muamalat Ekonomi Perbankan Islam) dan Siti Mutmainah (Komunikasi Penyiaran Islam).  Mereka cerita banyak tentang suka duka KKN plus kebanggaan akan kampus kebanggaan tercinta, IAIN "Syekh Nurjati".  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger