Home » » Pasca Terbakar, Ponpes Yapiim Dikunjungi Bupati

Pasca Terbakar, Ponpes Yapiim Dikunjungi Bupati

Written By K2-911FM on Jul 17, 2014 | 11:45 AM



INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,17/7-2014, 11:45 WIB

                        Pondok Pesantren Yapiim Di Desa Dukuh Kecamatan Indramayu dikunjungi Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, Rabu (16/7). Kedatangan Anna sebagai wujud rasa prihatin atas musibah terbakarnya salah satu asrama ponpes Yapiim pada Minggu (13/7).

                        Bupati bersama kepala OPD diterima pengasuh/Ketua Yayasan Pesantren I'Anatul Mubtadiin H. Amani Luthfi, S.Ag dan langsung meninjau lokasi asrama putri yang terbakar. Meski bangunan utuh berdiri, namun barang-barang milik santri ludes terbakar. Saat Bupati memasuki ruangan, masih tercium aroma sisa-sisa  benda terbakar. Dilaporkan tak ada korban jiwa dalam musibah itu, kata pengasuh ponpes Amani Luthfi.

                        Bupati Anna selanjutnya meninjau ruang penampungan korban sementara yang menggunakan 2 ruang kelas SMK Yapiim. Tempat evakuasi bagi 60 korban santri Yapiim ini terletak bersebelahan dengan eks gedung terbakar.

                        Amani Luthfi menuturkan, kejadian bermula saat para santri hendak melepas lelah setelah tadarusan pada Minggu (13/7) malam sekitar jam 12.00.  Sejam kemudian listrik padam akibat korsleting.  “Tiba-tiba muncul asap yang membuat panik santri wanita, apipun semakin membesar melahap benda yang ada di dalamnya,” kata ustadz pengisi Tausyiah Ramadhan di K2 FM ini.    

                        “Kepanikan itu membuat santri tak sempat berpikir untuk menyelamatkan barang-barang seperti lemari, baju, kitab dan lain-lain. Mereka sibuk menyelamatkan diri masing-masing untuk keluar secepatnya dari asrama yang terbakar,” jelasnya. Praktis dalam sesaat si jago merah menelan asrama putri sehingga 100 % terbakar, namun rumah pengasuh yang berdampingan berhasil diselamatkan oleh pemadam kebakaran.

                        Mengetahui informasi itu, Bupati Anna tergerak untuk mengajak segenap unsur pemerintahan dan swasta membantu meringankan beban korban musibah di ponpes Yapiim. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyumbangkan selimut 50 potong, lauk pauk berupa Sarden 140 kg, kecap 20 botol, sauce 20 botol, minyak 20 sachet serta peralatan dapur.  Bantuan lain seperti beras, mie instant, kerudung, mukena dan sarana ibadah untuk anak-anak datang dari beberapa OPD, Pertamina RU VI Balongan, masjid Agung, majlis-majlis ta’lim dan jamaah yang telah menunjukkan kepeduliannya.

Anna memberikan motivasi kepada santri ponpes Yapiim, bahwa ini adalah musibah yang merupakan ujian dari Allah SWT. Anna berpesan tetaplah bersabar, tetap semangat belajar meskipun kondisi tempat saat ini belum layak dipergunakan sebagaimana biasanya.

                        Ponpes Yapiim Desa Dukuh Kecamatan Indramayu saat ini memliki 116 santriwan/santriwati, 60 orang di antaranya masih dievakuasi di ruang kelas, sementara sambil menunggu pembangunan.  (Jeffry)  

Bupati memberikan pengarahan di depan santri.  (Photo : G. Azis/Dok K2 FM)
   
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger