Home » » Di Pundak Paskibraka Estafet Kepemimpinan Diwariskan

Di Pundak Paskibraka Estafet Kepemimpinan Diwariskan

Written By K2-911FM on Aug 16, 2014 | 11:56 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,16/8-2014, 23:56 WIB

                        Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, estafet kepemimpinan kelak diwariskan di pundak Paskibraka.  “Di atas pundak kalian harapan itu ada, dan pada saatnya nanti estafet kepemimpinan akan diwariskan,” kata Anna selaku inspektur upacara saat upacara pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Indramayu di pendopo, Sabtu (16/8) malam pukul 20.00 WIB. 

                        Dalam sambutannya Anna menyampaikan, semangat perjuangan, pengabdian dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, hendaknya menjadi etos yang harus diteladani.  Etos ini harus diteladani dengan semangat tinggi, disiplin dan kesungguhan hati serta diimbangi ketaatan menjalankan agama.

                        “Insya Allah kalian akan menjadi pewaris dalam pembangunan di masa depan,” tambah Anna di depan seluruh anggota Paskibraka.  Pengukuhan dihadiri pula oleh keluarga dari 52 anggota Paskibraka dengan rasa suka cita.

                        Dalam pengukuhan, Paskibraka Indramayu menerima kata-kata Dharma Mulia Putera Indonesia sebagai kode kehormatan Paskibraka, serta menyatakan siap mengucapkan "Ikrar Putera Indonesia" di hadapan bendera kebangsaan sang merah putih. 
 

                       Selain penyematan Lencana Merah Putih Garuda, dilakukan prosesi pelilitan kendit di pinggang.  Kendit merupakan lambang ksatria pada jaman dahulu yang mengikrarkan kesetiaan pemakainya kepada kerajaan.  Anggota Paskibraka sebagai pemegang kendit diharapkan memiliki sifat dan bersikap ksatria dalam pemikiran, perkataan dan perbuatannya sehari-hari, jujur dan mandiri dalam berbakti sebagai pandu ibu pertiwi.  Bupati mengajak Paskibraka menundukkan kepala untuk memanjatkan do’a kepada Tuhan YME menurut agama masing-masing agar pelaksanaan esok berjalan lancar.   

                        Selanjutnya Anna berpesan kepada Paskibraka untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, karena tugas mulia ini tidak semua orang dapat melakukannya. Dalam mengarungi kehidupan ini pesan Anna, agar senantiasa ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan agama, “Ilmu tanpa agama akan menjadi orang yg sesat, dan agama tanpa ilmu kita tidak akan mampu mengikuti perkembangan jaman," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu dari tahap seleksi sampai dengan pelaksanaan pengibaran duplikat bendera pusaka esok.   (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger