Home » » Jumlah Kendaraan Tertinggi Masih Di H+3

Jumlah Kendaraan Tertinggi Masih Di H+3

Written By K2-911FM on Aug 4, 2014 | 1:36 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Senin,4/8-2014, 01:36 WIB

                        Arus balik lebaran 2014 telah memasuki H+5. Rekor jumlah kendaraan dengan angka tertinggi tercatat pada H+3 atau Jum’at, 1 Agustus 2014 sebanyak 217.958 kendaraan.  Sebelumnya diperkirakan puncak arus balik terjadi di hari Sabtu dan Minggu, namun perkiraan itu meleset.

                        Pada Jum’at (1/8) lalu, dari jumlah 217.958 tersebut dengan rincian 179.454 kendaraan yang mengarah ke Jakarta, dan 38.504 kendaraan ke arah Cirebon. Pemudik sepeda motor mencapai ratusan ribu kendaraan pada hari itu.     

                        Hari Sabtu, volume kendaraan yang melintas di pantura Indramayu hanya 204.421 kendaraan.  Sedangkan pada hari Minggu, kendati terjadi lonjakan, diprediksi tak melampaui jumlah seperti pada H+3.  

                        Kondisi ramainya jalur pantura, selain dipadati kendaraan pemudik, juga oleh kendaraan warga lokal.  Menurut pengakuan warga, hal itu terpaksa dilakukan meski seringkali ikut terjebak macet di jalur pantura. “Tak ada jalan lain selain lewat pantura, asal hati-hati aja,” kata Wardi pengemudi yang membawa sisingaan untuk acara pesta hajatan saudaranya di Puntang Losarang.  Sementara mobil lain di belakang Wardi, mengangkut serombongan pemain musik di atas kendaraan bak terbuka.

                        Pantauan K2 FM, terjadi penumpukan calon penumpang yang menunggu bus di Simpang Lima Pekandangan dan pertigaan Celeng Lohbener.  Rencana perjalanan kembali ke ibukota sebenarnya harus ditempuh hari ini seiring besok hari pertama kerja.  Sayang harus rela menunggu lama bus AKDP yang lewat.

                        Jika antara pagi sampai siang kecepatan kendaraan bisa dilarikan 70 – 80 kilometer/jam, jangan harap dapat melaju secepat itu pada sore dan malam.  Arus balik meningkat tajam pada pukul 13.00 mulai angka 5 ribuan sampai 14 ribuan dalam 3 jam saja. 
 
“Untuk pemudik yang membawa keluarga harap hati-hati di perjalanan.  Bersitirahat sejenak lebih baik daripada memaksakan diri untuk cepat sampai ke tujuan namun mengabaikan faktor keselamatan,” kata Kepala Dishubkominfo Indramayu melalui Sekretaris  Dedy Suhendi, S.Sos, M.Si yang menerjunkan 136 petugasnya.  (Jeffry)  

 Menantang maut di jalur pantura.  (Photo : Jeffry/K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger