Home » » Mahasiswa UNMA Mengadakan KNM di Sindang

Mahasiswa UNMA Mengadakan KNM di Sindang

Written By K2-911FM on Aug 19, 2014 | 1:12 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Selasa,19/8-2014, 13:12 WIB

                        Sejumlah mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) mengadakan kegiatan Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu..  KNM merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

                        Program pendidikan yang dilaksanakan itu diharapkan menghasilkan output berupa lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mampu merespon dinamika pembangunan.

                        Salah seorang peserta KNM Teguh Indra Permana mengatakan, substansi kegiatan KNM adalah proses kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan mahasiswa di tengah masyarakat dalam rangka mendiagnosis dan memecahkan masalah berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara fragmatis dan profesional.

                        Peserta KNM UNMA terdiri dari mahasiswa jenjang Program Sarjana (S-1) dengan bobot 3 SKS.  Pelaksanaan berlangsung dari tanggal 6 Agustus sampai 5 September 2014 di desa Penganjang dan Babadan Kecamatan Sindang Indramayu.

                        Dalam KNM itu, beberapa bidang garapan yang dilakukan yaitu peningkatan kemampuan baca-tulis-hitung (calistung), pelatihan menyikat gigi, cuci tangan dan merawat kuku yang baik bagi pelajar kelas 1 sampai 3 di SDN 1 dan SDN 2 Babadan.

                        Sementara kegiatan menyangkut sarana prasarana desa, dengan melakukan revitalisasi saluran air dan membangun infrastruktur tempat akhir pembuangan sampah sementara (TPAS) serta bakti sosial pembersihan sampah.  Kehadiran peserta KNM diupayakan dapat mengurangi angka buta huruf masyarakat di Desa Babadan dan Desa Penganjang. 
                         

                            Kuwu Desa Penganjang H. Tohir menyambut baik kehadiran mahasiswa yang mengadakan KNM di desanya.  “Kegiatan KNM ini sangat besar manfaatnya bagi warga,” kata Tohir kepada K2 FM.  Ia bahkan menginginkan kegiatan ini berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang. Kegiatan yang telah diadakan yaitu ikut pula meramaikan HUT Proklamasi dengan menggelar lomba-lomba 17 Agustusan di halaman Balai Desa Penganjang, pembelajaran bagi warga yang buta aksara di kediaman bapak Darsono dan kegiatan lainnya.

                        Selain di Indramayu, lokasi Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Majalengka, secara serentak dilaksanakan di Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Brebes.  Penentuan lokasi pelaksanaan KNM Universitas Majalengka, didasarkan hasil konsultasi antara pihak Universitas dengan Pemkab yang bersangkutan.

                        Peserta KNM dilepas oleh Bupati Majalengka sebelum terjun ke beberapa titik lokasi yang telah ditentukan.  Mereka diarahkan oleh dosen pembimbing yang melaksanakan pembinaan dan monitoring ke lapangan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

                        Teguh menjelaskan, istilah Kerja Nyata Mahasiswa atau KNM hanya diberlakukan secara khusus di Universitas Majalengka.  Kegiatan ini merupakan kegiatan intrakurikuler wajib bagi mahasiswa jenjang program sarjana. UNMA saat ini memiliki beberapa program studi di antaranya FISIP, FKIP, FEKON, FAPERTA, FAI, FT, FH, dan FAPENDASMEN. 

                                Empat orang peserta KNM berkesempatan diajak wawancara oleh Gustie Azis di studio K2 FM, Sabtu (16/8).  Mereka adalah Teguh Indra Permana, Welas Rofi'i, M. Syaeful Bakhri dan Isma'il.  Dua nama mahasiswa yang disebut terakhir, berasal dari Indramayu.  (Jeffry) 

 Peserta KNM UNMA, pengajar & siswa MDA 'Al-Amin' Desa Penganjang.  (Photo : G. Azis/Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger