Home » » Paskibraka Indramayu Siap Kibarkan Merah Putih Di Alun-Alun

Paskibraka Indramayu Siap Kibarkan Merah Putih Di Alun-Alun

Written By K2-911FM on Aug 13, 2014 | 1:36 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,13/8-2014, 13:36 WIB

                        Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Indramayu, menetapkan 52 anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka, untuk mengemban tugas mengibarkan bendera pusaka merah-putih pada Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-69 RI di alun-alun Indramayu.

                        Ke-52 anggota Paskibraka itu kini dikarantina dalam pemusatan latihan dari tanggal 10 – 18 Agustus 2014 di Asrama Haji Indramayu. Selama pemusatan latihan, beragam materi diberikan untuk membekali kecakapan anggota, di antaranya baris-berbaris, pengetahuan tentang reproduksi remaja, HIV/AIDS, bela negara dan lain-lain.

                        Dalam pemusatan latihan itu, pelatih/instruktur dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang (Yon Arhanudse) 14 Cirebon dan purna paskibraka.  Sedangkan pemateri untuk pendidikan/pengetahuan diberikan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Dinas Pendidikan serta institusi lainnya.

                            Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Indramayu Wasir, S.Pd mengatakan,
anggota yang terpilih tahun ini sebanyak 52 orang siswa-siswi SMA, SMK dan MA Se-Kabupaten Indramayu.  “Mereka terpilih dari sebanyak 1.013 pendaftar dan lolos seleksi kesehatan, wawancara, skill, pendidikan jasmani dan pantohir,” katanya.  Seleksi dilaksakanan melalui 3 tahap. Tahap pertama pada 15 Maret untuk pelajar SMA/MA, tanggal 16 Maret seleksi untuk pelajar SMK. Tahap ke-dua tanggal 22-23 Maret dan tahap ke-tiga pantohir, sekaligus pengumuman nama-nama yang diterima menjadi anggota Paskibraka.

                        Ia mengaku tahun ini jumlah pendaftar berkurang dibandingkan tahun lalu.  Tahun lalu jumlah pendaftar tercatat 1.039 siswa, melalui sistim undangan ke tiap sekolah.  "Paling banyak berasal dari SMAN 1 Sindang kemudian SMAN 1 Losarang, sisanya berasal dari beberapa sekolah,” ujar Wasir kepada K2 FM, Rabu (13/8), didampingi Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan Indramayu Drs. H. Effendi.

                        Pantauan K2 FM di pemusatan latihan, seluruh anggota Paskibraka Indramayu tengah menyiapkan pasukan untuk pelaksanaan gladi bersih besok di alun-alun Indramayu.  Pihak PPI telah menetapkan 4 siswi petugas pembawa bendera masing-masing, Deti Permatasari (asal SMAN 1 Jatibarang) dan Rayi Putri Pandawi (asal SMKN 1 Indramayu) untuk upacara pagi.  Sedangkan Aprilia Nani Syamsul (asal SMAN 1 Anjatan) dan Jihan Lailatus Shobah (asal SMAN 1 Sindang) akan ditugaskan pada upacara penurunan bendera sore hari.

                        PPI Indramayu juga mengirimkan 2 anggota Paskibraka untuk Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-69 RI Tingkat Propinsi Jawa Barat di Bandung, yaitu Devi Hardiyanti (SMA NU Kaplongan) dan Widigdo Yudoyono (SMAN 1 Indramayu).

                               Sebelum melaksanakan tugas mulia mengibarkan bendera pusaka, Paskibraka Indramayu mengikuti pelantikan/pengukuhan anggota oleh Bupati Indramayu pada Sabtu (16/8) malam di pendopo Indramayu.  (Jeffry)     

 Anggota Paskibraka akan beribadahpun tetap dengan sikap sempurna.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger