Home » » Dalam Rangka Hari Jadi Indramayu Digelar Lomba Anak Sholeh

Dalam Rangka Hari Jadi Indramayu Digelar Lomba Anak Sholeh

Written By K2-911FM on Sep 17, 2014 | 12:11 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,17/9-2014, 12:11 WIB

                        Guna meningkatkan kemampuan dan membiasakan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Indramayu menggelar “Lomba Anak Sholeh”.  Kagiatan ini sekaligus memperingati hari jadi ke-487 Kabupaten Indramayu.  Lomba berlangsung di Pendopo Indramayu, Rabu (17/9).

                    “Lomba Anak Sholeh” mengangkat tema Melalui Musabaqoh Murottal Qur’an dan Hafalan Do’a Sehari-hari, Kita Wujudkan Putera-Puteri Indramayu Menjadi Anak Soleh, diikuti peserta usia anak-anak hingga remaja, yang terdiri dari Kategori SD/Ibtidaiyah (82 orang), Ketegori SMP/Tsanawiyah (50 orang) dan Kategori SMA/Aliyah (26 orang).

                        Ketua Panitia Hj. Sri Bungsuwati Hakim dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar kebiasaan membaca Al-Qur’an dijadikan sebagai budaya masyarakat Indramayu, terutama di kalangan anak-anak.  Selain itu, ikut berperan mewujudkan putera-puteri Indramayu menjadi anak-anak sholeh melalui implementasi visi Indramayu Remaja.

                        Panitia menunjuk 9 orang juri untuk menilai para peserta.  Sedangkan kriteria yang dinilai meliputi Tajwid, Suara, Hafalan dan Adabudtilawah.  “Peserta anak-anak diharuskan membaca Surat An Naba (Ammayatasaalun) mulai ayat 1 dan hafalan do’a (akan dan bangun tidur, do’a masuk dan keluar kamar mandi, dan do’a akan dan sesudah makan,” kata Hj. Sri kepada K2 FM.  

Untuk Kategori SMP/Tsanawiyah, surat yang dibaca yaitu Al-Anfal mulai ayat 1 dan hafalan do’a Niat Wudhu dan setelah wudhu serta do'a sujud sahwi.  Kategori SMA/Aliyah, peserta diwajibkan membaca surat Al-Anfal mulai ayat 1 dan hafalan do’a Iftitah serta do’a setelah sholat Dhuha.
  
                    “Penyerahan tropi, piagam dan penghargaan untuk pemenang Lomba Anak Sholeh, diserahkan pada tanggal 17 Oktober 2014 oleh Bupati Indramayu, pada acara penutupan Pameran Hari Jadi Indramayu,” kata Hj. Sri. 

Ketua Panitia Hari Jadi Ke-487 Indramayu Tahun 2014 Ir. Aep Surahman mewakili Bupati mengatakan, kegiatan ini merupakan realisasi salah satu visi Indramayu Remaja, yaitu religius.  Akhir dari lomba ini selain menghasilkan hafidz/hafidzah, qori/rori’ah terbaik, yang lebih penting lagi adalah semangat untuk membaca dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an.
  
                  “Yakinkan dalam hati kalian, bahwa potensi yang dimiliki ini adalah merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain,” pesan Aep kepada peserta. (Jeffry) 

    3 Juri menilai peserta Kategori SMP/Tsanawiyah.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger