Home » » DKI Gelar Saresehan Mengenang Tokoh Tarling Sugra

DKI Gelar Saresehan Mengenang Tokoh Tarling Sugra

Written By K2-911FM on Sep 3, 2014 | 12:14 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,3/9-2014, 12:14 WIB

                        Dewan Kesenian Indramayu (DKI) akan menggelar saresehan budaya untuk mengenang tokoh tarling Sugra. Saresehan berlangsung pada Jum’at (12/9) pukul 19.00 WIB di gedung Panti Budaya - Dewan Kesenian Indramayu.

                        Sugra dikenal berhasil membuat eksperimen dengan memindahkan nada-nada pentatonis gamelan, ke dawai-dawai gitar yang bernada diatonis. Karenanya, tembang-tembang (kiser) Dermayonan dan Cerbonan yang biasanya diiringi gamelan, menjadi lebih indah dengan iringan petikan gitar. Keindahan itupun semakin lengkap dengan suara suling bambu yang mendayu-dayu.

Pemerhati seni Supali Kasim, membuat catatan tersendiri soal tarling dalam bukunya yang berjudul Tarling, Migrasi Bunyi dari Gamelan ke Gitar-Suling. Menurutnya, nama tarling pertama kali belum disebut sebagai jenis aliran musik. Saat itu nama yang digunakan untuk menyebut jenis musik ini adalah Melodi Kota Ayu di wilayah Indramayu dan Melodi Kota Udang di wilayah Cirebon. 
 
Sumber lain menyebutkan, pada 17 Agustus 1962, ketua Badan Pemerintah Harian-BPH (sekarang DPRD) Kabupaten Cirebon, menyebut kesenian itu dengan sebutan tarling dan mulai memasukkan unsur drama.

Rencana acara saresehan itu dipastikan terlaksana menyusul hasil keputusan rapat antara Komite Seni Tradisional dan Komite Musik yang berlangsung di markas DKI jalan RA. Kartini nomor 1 Indramayu, Selasa (2/9) malam.

                        Dalam pertemuan, dihadiri pengurus DKI yang membidangi musik dan seni tradisi yaitu Wergul W. Darkum dan Sihabudin (Komite Seni Tradisional), Memphis Suripto dan Ridwan Indrawan (Komite Musik), seniman tarling Kang Aris, Kang Acing dan Yudi.

                        “Saresehan Mengenang Sugra”, menghadirkan 2 nara sumber, Supali Kasim dan Nurochman Sudibyo, YS.  Sebelumnya, akan digelar pentas tarling klasik bersama “Kijang Group” pimpinan Kang Aris bersama pesinden Dadang Darniah.

                        Sebagian pemain musik “Kijang Group” berasal dari kelompok tarling “Tirta Budaya” ditambah Wa Tabri dan Kadis, pemusik yang pernah bergabung dengan Sugra.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger