Home » » Desa Mundakjaya Berjaya Sebagai Desa Pembina Ketahanan Pangan Terbaik

Desa Mundakjaya Berjaya Sebagai Desa Pembina Ketahanan Pangan Terbaik

Written By K2-911FM on Oct 15, 2014 | 2:47 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,15/10-2014, 14:47 WIB

                        Salah satu desa di Kecamatan Cikedung, desa Mundakjaya berhasil menjadi juara dalam rangka Hari Pangan Se-Dunia 2014.  Desa yang berada di perbatasan Cikedung – Terisi ini, menjadi desa terbaik dalam kategori Pembina Pembangunan Ketahanan Pangan Nasional Tingkat Desa.

                        Ditetapkannya Desa Mundakjaya berkat figur kepala desa sebagai pembina ketahanan pangan, yang dinilai peduli terhadap kegiatan pembangunan pertanian di desa Mundakjaya. “Dari 315 kuwu, kepala desa Mundakjaya adalah satu-satunya kuwu yang menghibahkan tanah pribadinya untuk kegiatan pembangunan lumbung,” kata Kepala Badan Ketahan Pangan dan Penyuluh Pertanian (BKP3) Kabupaten Indramayu melalui Kabid Ketahanan Pangan Drs. Darman Toha.

                        Kegigihan kepala desa Mundakjaya H. Sutarma, juga dirasakan warga setempat, seperti mengupayakan air dan mengubah pola tanam di musim kering untuk kelangsungan hidup dan peningkatan pendapatan petani.  “Jasa kuwu Sutarma sebagai Pembina ketahanan pangan, patut dijadikan motivator bagi kepala desa yang lain,” kata Darman Toha kepada K2 FM, Rabu (15/10).  

                        Atas prestasinya itu, desa Mundakjaya akan diberikan penghargaan oleh Gubernur Jawa Barat pada tanggal 17 Oktober 2014. Penyerahan penghargaan, dilakukan pada peringatan Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Propinsi Jawa Barat di halaman gedung Sate Bandung.

                        Sebelumnya, desa Mundakjaya meraih prestasi terbaik sebagai ‘Desa Sadar Hukum’ dalam Lomba Desa/Kelurahan se-Kabupaten Indramayu 2014.  Desa ini awalnya dibentuk dari gabungan dua blok, dusun Munjul dan Badak ditambah kata ‘jaya’, yang kemudian terbukti berjaya meraih sederet prestasi. Konon, Jaya juga diambil dari nama putera salah seorang tokoh masyarakat setempat.

                        Hari Pangan Se-Dunia (World Food Day) ditetapkan oleh badan dunia FAO melalui resolusi PBB Nomor 1/1979 di Roma Italia, di mana dipilih tanggal 16 Oktober yang bertepatan dengan terbentuknya FAO.  Sejak saat itu disepakati bahwa mulai tahun 1981, seluruh negara anggota FAO termasuk Indonesia memperingati HPS setiap tahun.  (Jeffry/Endi, S. S.IP)  
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger