Home » » SMP PPMRI Kandanghaur Rebut Juara Pertama Nyanyi Dermayon

SMP PPMRI Kandanghaur Rebut Juara Pertama Nyanyi Dermayon

Written By K2-911FM on Oct 2, 2014 | 8:31 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,02/10-2014, 20:31 WIB

                        Lagu tarling yang dimodernisasi dengan iringan organ tunggal, kini banyak dinyanyikan kalangan pelajar.  Maka tak salah lagu-lagu Dermayon sudah menjadi tuan rumah di daerah sendiri, ranah Bumi Wiralodra. 

                        Tanpa harus mendalami penghayatan yang terkandung dalam sa’ir lagu, yang kebanyakan bertutur kehidupan rumah tangga, paling tidak siswa-siswi Indramayu mampu berkiprah dalam urusan olah vokal, lengkap dengan cengkok khas tarling dangdut.

                        Lomba Nyanyi Dermayon antar Pelajar SMP/SMA Se-Kabupaten Indramayu pada ajang Expo Pendidikan di alun-alun Indramayu, menetapkan tiga pemenang.  Dua pemenang di antaranya masih berstatus pelajar SMP.  

Juara 1 dimenangkan oleh pelajar utusan SMP PMMPRI Kandanghaur, juara 2 dari SMAN 1 Sindang dan juara 3 dari SMPN 2 Sindang.  Ke-tiga pemenang berhasil menyingkirkan 24 peserta lainnya.  Secara keseluruhan, semua peserta dapat menampilkan performa terbaik.

Selain sukses dalam penyelenggaraan, Dinas Pendidikan Indramayu berhasil mengajak anak-anak usia pelajar untuk mencintai seni asli Dermayon.  Merupakan sebuah kebanggaan bahwa ternyata anak-anak sekarang tidak melulu menyukai budaya pop dan menganggap tarling itu kuno atau ndeso.  Dilihat dari usia, pemenangnya anak SMP. Pemenang lainnya, bahkan berasal dari ibukota Kabupaten. 

“Meski hasil lomba ini tidak menjanjikan menjadi penyanyi kaliber nasional, minimal kalangan usia muda kini tidak malu atau ogah-ogahan menyanyikan lagu tarling dangdut. Banyak artis bermula dari usia dini, bahkan rata-rata berasal dari daerah,” terang Kang Acing, salah seorang juri. Ia meminta penyanyi senior untuk membimbing anak-anak bagaimana menjadi seorang penyanyi, baik teknik ataupun penampilan di panggung.  

“Kita bangga pelajar Indramayu punya bakat menyanyi lagu tarling. Hal ini menjadikan benang merah untuk kelangsungan tarling ke depan agar tak terputus,” ujar anggota Komite Musik Dewan Kesenian Indramayu. Ia juga berharap kepada seniman tarling untuk mengasah bakat-bakat pemula.  Seniman dan penggiat tarling mesti pro aktif, bukan sebaliknya, karena anak-anak bingung kepada siapa ia belajar mendalami tarling.  (Jeffry) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger