Home » » Lewat Musik, Mangga HipHop Movement Angkat Indramayu

Lewat Musik, Mangga HipHop Movement Angkat Indramayu

Written By K2-911FM on Nov 3, 2014 | 2:46 PM


INDRAMAYU –K2 FM – Senin,3/11-2014, 14:46 WIB

                        Kecintaan terhadap Indramayu dicetuskan melalui musik hip hop oleh Mangga HipHop Movement (MHM).  Sekelompok anak muda asal Sudimampir ini mengemas irama R’nB dan musik tradisional dengan vokal ‘rapper’.  Hal itu terungkap kala anak-anak MHM bertandang ke studio K2 FM dan diajak wawancara oleh Ory berpartner dengan si Puteri Batik Dermayu Wakil 1 2014 Egga Ayu Aryani.

Sadar mereka lahir dan hidup di Bumi Wiralodra maka sepantasnya mengangkat Indramayu lewat lagu-lagu hasil karya mereka sendiri.  Lirik lagu bahasa Jawa Dermayon menjadi pembeda antara MHM dengan musik hip hop kelas nasional seperti Saykoji, Kungpow Chicken bahkan Eminem, Snoop Dog atau Wiz Khalifa di tingkat dunia. 

Terpengaruh oleh gaya dan musisi lain memang wajar dan sangat dimaklumi. Namun MHM ogah disebut plagiat lantaran dituntut kreativitas memunculkan ciri khasnya sendiri.  Dan sisi kedaerahan itu tampak dari kekuatan sa’ir serta penuturan sang ‘rapper’ yang dimiliki Mangga HipHop Movement. 
 
Simak saja lagu Keduhung (Baridin Cover) yang terdengar catchy. Tak sulit untuk mencerna isi yang terkandung dalam lagu ini, karena tokoh Baridin sudah menjadi ikon drama tarling klasik Indramayu-Cirebonan.  Pada intro lagu, kita seakan diajak ke nuansa alam pedesaan, kemudian ‘rapper’ pun bertutur sosok Baridin yang cintanya bertepuk sebelah tangan akibat ditolak Ratminah. Sayang rekaman terganggu suara noise di tengah lagu.

Di lagu Dolanan bertema seputar kehidupan masa anak-anak,  sebuah masa di mana kini telah dirampas oleh serbuan budaya facebook, twitter dan semacamnya.  Para ‘Batur Mangga HipHop’ (sebutan fans MHM) sudah tak asing dengan hits Luka atau lagu Oplosan hasil re-cycle anak-anak MHM. 
  
Mangga HipHop Movement dibentuk 18 Mei 2012 di kawasan Sudimampir Indramayu. Hip Hop adalah sebuah budaya Afro-Amerika yang kemudian melahirkan musik dinamis perpaduan elemen rapping, DJing, hingga berkembang ke beatboxing

Dasar musiknya berasal dari warna funk, rhythm ‘n blues, disco, dub, reggae dan dancehall.  Ia juga bisa masuk ke ranah musik metal seperti dikenal istilah hip-metal, dan Mike Shinoda disebut-sebut ikut mengangkat pamor Linkin Park berkat teknik ‘rap’-nya.  Jika dikawinkan dengan musik Jazz maka ada sebutan baru bernama Trip Hop.  (Jeffry)

 Mangga HipHop Movement on stage.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger