Home » » Padepokan Tari Topeng Mimi Rasinah Diresmikan

Padepokan Tari Topeng Mimi Rasinah Diresmikan

Written By K2-911FM on Nov 13, 2014 | 11:00 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,13/11-2014, 22:00 WIB

                        Gedung baru Sanggar/Padepokan Tari Topeng Mimi Rasinah diresmikan Wakil Gubernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar di jalan Pandawa 2 Pekandangan Indramayu, Kamis (13/11) malam.  Deddy memotivasi agar Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah dijadikan destinasi wisata yang ada di kabupaten Indramayu.

                        Wagub Jabar berjanji akan mempromosikan keberadaan sanggar yang kini diteruskan oleh pewaris yang tak lain adalah cucu Mimi Rasinah yaitu Erly Rasinah.  “Saya melihat banyak anak-anak yang berminat dan mau belajar menari di sini.  Ini luar biasa,” ujar Wagub yang pernah memerankan 'Naga Bonar' ini. 
     
                        Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengharapkan dari padepokan ini akan melahirkan Mimi Rasinah-Mimi Rasinah baru sehingga bisa  meneruskan, melestarikan dan mengembangkan jasa besar sang pelopor tari topeng asal Pekandangan ini.

                        Pada saat yang sama, Erly Rasinah menyampaikan ucapan terima-kasih atas kepedulian Pemkab Indramayu dan Pemprop Jawa Barat yang hadir dan memberikan motivasi untuk kelangsungan sanggar yang kini dipimpinnya.  Jika telah berdiri yayasan nanti, Erly berobsesi akan mendirikan sekolah seni.

                        Peresmian gedung Sanggar/Padepokan Mimi Rasinah dimeriahkan sejumlah pementasan tari topeng seperti topeng Kelana, Panji, serta atraksi pencak silat siswa-siswa SMPN 1 Balongan.  Erly juga mengundang penari topeng asal Cirebon dan Losari Brebes.  

                            Penari topeng asal Losari Kartini sangat bersyukur dapat ikut meramaikan peresmian gedung padepokan.  Dirinya diundang Erly untuk menampilkan tarian topeng khas Losari.  "Saya sudah lama bersahabat dengan Erly sebagai sesama penari topeng dan terus menjalin komunikasi lewat facebook," tutur wanita 49 tahun ini.  

                            Kartini sekarang mengelola sanggar "Purwa Bhakti" di rumahnya di Desa Barisan Losari.  Ia adalah pewaris Tari Topeng Losari yang dinilai menguasai semua tahapan tarian Tari Topeng Losari dari pamindo, patih, kili, temenggung, jinggananom, klana, bandopatih hingga rumyang.  Namun sanggar yang ia kelola tak semegah milik Erly, dan anggotanyapun tak sebanyak di sini, katanya kepada K2 FM usai pentas.  (Jeffry) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger