Home » » Aksi Kepedulian KOINJAWA Melestarikan Alam

Aksi Kepedulian KOINJAWA Melestarikan Alam

Written By K2-911FM on Jan 8, 2015 | 10:01 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,8/1-2015, 10:01 WIB

                        Tingkat kerusakan potensi sumber daya alam di Indonesia saat ini telah sampai pada tahap mengkhawatirkan.  Bencana alam yang melanda negeri ini dalam beberapa tahun terakhir adalah bukti nyata dari rendahnya kesadaran manusia, terutama generasi muda untuk menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan hidup.

                     Adalah Komunitas Independen Penjelajah Buwana (KOINJAWA), sebuah wadah kaum muda yang mewakili berbagai aspirasi pecinta alam.  Organisasi yang berkedudukan di Indramayu ini tidak hanya berfokus pada pendakian gunung semata, melainkan kegiatan menjaga pelestarian habitat pantai sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap ancaman serius masalah abrasi.

                    “Kegiatan KOINJAWA lebih luas mencakup kegiatan jelajah alam bebas, khususnya di daerah-daerah yang menyimpan potensi keindahan alam yang belum dikelola pemerintah,” ujar Ketua Umum Muhammad Adnan.

               Ide pembentukan organisasi dicetuskan 30 Nopember 2014 oleh sejumlah mahasiswa di Indramayu.  Sejak itu, KOINJAWA yang beranggotakan sekitar 37 orang sepakat untuk memberikan kontribusi positif dalam kegiatan eksplorasi, publikasi, rehabilitasi dan konvservasi potensi sumber daya alam Indonesia.

                        Dalam salah satu kegiatannya, KOINJAWA melakukan operasi bersih di lokasi pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai Desa Linggasana Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada 3 Desember 2014 lalu.  Bentuk partisipasi lain yakni observasi di Gunung Ciremai dan sejumlah rencana kegiatan organisasi berupa observasi di Pantai Jawa Indramayu, Trip dan Bakti Sosial di Pulau Sempu, 1000 Langkah Eksotisme Indramayu dan pendakian massal tiga gunung di Jawa Barat.

                        “Bencana tanah longsor, banjir tahunan, letusan gunung berapi, hingga ancaman abrasi yang menggerus pantai utara Jawa adalah bukti bahwa di luar kenyataan bencana tersebut selain kehendak Tuhan, kondisi itu merupakan indikasi dari kurangnya tingkat kepedulian untuk menjaga dan melestarikan potensi dan sumber daya alam,” kata Adnan kepada K2 FM.

                        Komunitas Independen Penjelajah Buwana (KOINJAWA) bermarkas di jalan Ki Gendis 23 Kelurahan Margadadi Indramayu.  Wadah ini senantiasa membuka diri bagi keanggotaan baru yang memiliki kesamaan visi terhadap pelestarian alam dan lingkungan hidup.  (Jeffry)

 KOINJAWA diwawancara Nuniek di K2 FM.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger