Home » » Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba Calistung

Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba Calistung

Written By K2-911FM on Feb 14, 2015 | 12:23 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,14/2-2015, 12:23 WIB

                        Sebanyak 265 siswa/siswi dari beberapa sekolah SD se-Kecamatan Indramayu, hari ini mengikuti Lomba Calistung dan Olimpiade Matematika/IPA. Lomba yang dilaksanakan oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Indramayu berlangsung sehari di SD N Margadadi V dan VI Indramayu. Pemenang disiapkan untuk lomba serupa ke tingkat Kabupaten 18 Pebruari 2015 mendatang.

                        Lomba Calistung terdiri dari pelajar kelas 1 sampai 3 sedangkan Olimpiade IPA diikuti khusus kelas 4 SD.  “Untuk juara Calistung, ditetapkan juara satu saja yang akan diikutkan ke tingkat Kabupaten, dan untuk Olimpiade IPA, kita ambil juara satu, dua dan tiga. Pemenang diumumkan hari ini juga,” jelas Wakil Ketua Panitia Siswanto, S.Pd kepada K2 FM.

                        Siswanto yang juga Kepala Sekolah SD N Margadadi V Indramayu menerangkan, pihaknya menyediakan tempat untuk suksesnya pelaksanaan lomba.  “Seluruh ruang kelas dipakai untuk lomba, saya instruksikan murid sementara belajar di rumah,” terangnya.  Kegiatan ini praktis membuat meriah sekolah yang berlokasi di samping alun-alun pemkab ini, ditambah kehadiran pembimbing dan orang tua murid.  Saat ingin dikonfirmasi terkait lomba, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Indramayu Drs. H. Jahirin enggan ditemui karena sibuk.

                        Kehadiran orang tua selain mengantar peserta, juga memotivasi anak serta menumbuhkan rasa percaya diri saat anak mengerjakan soal.  Kebanyakan ditemui anak-anak kelas satu yang tak ingin jauh dengan orang tua.  “Ada sebagian siswa dari SD pinggiran yang menangis karena mungkin tak terbiasa dengan suasana seperti ini, namun pada akhirnya dapat mengerjakan soal setelah dibujuk oleh pembimbing dan orang tuanya,” tambah Siswanto. 

                        Salah satu pembimbing peserta Wulan, guru cantik SD N Margadadi VII ini mengikut-sertakan 5 murid pilihan sekolahnya.  “Kita membawa murid berdasar atas prestasi mereka yang bagus, kemudian digembleng lagi di sekolah sebelum ikut lomba, mudah-mudahan ada yang berhasil,” harapnya di kantin sekolah usai lomba.  Wulan tak perlu memakan waktu lama datang ke lokasi lomba, lantaran hanya berjarak 500 meter dari sekolah tempat ia mengajar.

                        Pelaksanaan Lomba Calistung kata Siswanto melalui beberapa tahap pengerjaan soal, di antaranya menulis, mencongkak, pengetahuan umum dan membaca.  Khusus membaca, peserta dinilai dari kecepatan membaca tanpa salah. Sebanyak 100 kata akan dihitung berapa kecepatan waktu anak dalam membaca per detik.  Dewan juri adalah para pengawas SD dalam ruang lingkup UPTD Pendidikan Kecamatan Indramayu.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger