Home » » Arus Mudik Didominasi Sepeda Motor

Arus Mudik Didominasi Sepeda Motor

Written By K2-911FM on Jul 19, 2015 | 9:55 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,19/7-2015, 21:55 WIB

                        Arus mudik lebaran 2015 masih didominasi pemudik berkendara sepeda motor di pantura Indramayu.  Kendati rentan kecelakaan, berkendara motor roda dua dinilai menghemat biaya dan sedikit waktu tempuh ketimbang moda transportasi lain.

                        Dari H-7 sampai H-1 sebanyak 938.368 sepeda motor melintasi pantura Indramayu.  Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2014 sebanyak 932.077 sepeda motor.  Data diperoleh dari rekapitulasi jumlah kendaraan di Pos Penghitungan Dishubkominfo di lingkar Lohbener Indramayu. 

                        Diperkirakan sekitar 30 % pemudik bermotor mengikut-sertakan anak kecil (balita).  Irfanudin (27) misalnya, ia membawa isteri dan seorang balita berusia 3 tahun yang melakukan mudik ke Bumiayu Brebes Jawa Tengah.  Membawa anak menurut Irfan justru lebih lama dan sering istirahat.  “Bisa lima atau enam kali istirahat karena kondisi fisik anak berbeda dengan orang dewasa,” katanya.

                        Irfan harus rela beberapa kali menepikan kendaraan demi memulihkan kebugaran si buah hati.  “Alhamdulillah sejak berangkat dari Bekasi sampai di sini aman dan lancar, anak tidak rewel selama perjalanan,” ujar warga Perum Bumi Bekasi Baru kepada K2 FM.  Irfan melajukan kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam jika lalu lintas lengang.

                        Diungkapkan Irfan, biasanya ia menghabiskan 30 liter bensin untuk motor maticnya dalam sekali perjalanan dari Bekasi ke Bumiayu.  Selama beristirahat di salah satu warung makan di wilayah Lohbener, ia gunakan waktu bersama anak-isteri untuk makan dan tidur.  Selang 15 menit bila dirasa kondisi telah fit, ia kembali melanjutkan perjalanan.

                        Kesan yang ia dapat dalam perjalanan mudik kali ini, Irfan sedikit heran dari segi pengamanan di jalan raya pantura.  “Pengamanan tahun kemarin sepertinya lebih baik daripada sekarang.  Tahun lalu tiap sekian meter ditempatkan personil pengamanan, sekarang nggak ada,” tutur karyawan sebuah pabrik di Jakarta ini.  (Jeffry)    
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger