Home » » 6 Calon Haji Indramayu Gagal Berangkat

6 Calon Haji Indramayu Gagal Berangkat

Written By K2-911FM on Aug 29, 2015 | 1:05 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Sabtu,29/8-2015, 01:05 WIB

                        Data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Indramayu menyebutkan hingga hari Jum’at (28/8), sebanyak 6 orang calon jemaah haji Indramayu gagal berangkat ke tanah suci.  Dari jumlah itu di antaranya 3 orang meninggal dunia, 2 orang sakit dan seorang ibu dalam kondisi hamil.

                        “Pihak keluarga atau ahli waris sudah melapor ke PPIH, dan yang sakit atau hamil membuat pernyataan tertulis,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Drs. H. Moh. Ahsan, M.Ag

                        Calhaj Indramayu yang meninggal ada di Kelompok Terbang (Kloter) 33, 45 dan 54 masing-masing 1 orang.  Sedangkan 3 orang yang batal berangkat karena sakit dan hamil tergabung di Kloter 45 dan 54.  “Kami tak dapat sebutkan siapa namanya karena menyangkut hati nurani,” katanya kepada reporter K2 FM Nuniek Agustina.

                        Seluruh calon jemaah haji Indramayu dipastikan berangkat pada awal September 2015.  Rombongan calon haji Indramayu tahun ini terdiri dari 4 kloter, akan dilepas pemberangkatannya oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dari Asrama Haji Indramayu.

                        Terkait jemaah haji yang meninggal pada saat menunaikan ibadah di tanah suci, Ahsan mengatakan itu kewenangan PPIH yang berada Arab Saudi untuk mengurusnya.  Petugas kloter harus melaporkan ke sektor tentang sebab-sebab kematian jemaah haji tersebut. Di sana akan diproses lagi kemudian dilaporkan ke propinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

                        Selain faktor usia, cuaca panas dan virus penyakit MERS menjadi ancaman para tamu Allah pada pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.  Untuk itu kata Ahsan pihaknya telah mengantisipasi jemaah dengan suntikan miningitis dan vaksinasi influenza.  Bagi calon haji disarankan olah-raga terutama membiasakan berjalan kaki, menjaga kebersihan diri, cukup asupan makanan dan minuman. Dan ketika di sana aktif sesegera mungkin mencari pertolongan ke dokter Kloter ketika terindikasi demam.

                        Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu Drs. H. Yayat Hidayat, M.Ag mengatakan, pemberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Indramayu tahun 2015 akan didahului dengan upacara di halaman Asrama Haji berisi sambutan, pesan dan harapan Bupati agar menjaga nama baik daerah Indramayu di mata dunia internasional.

                        Rombongan calon haji Indramayu berangkat menggunakan 10 bis dan 1 bis cadangan untuk tiap kloter menuju Asrama Haji Bekasi, lanjut Kepala Kantor Kemenag Indramayu di ruang kerjanya, Jum’at (28/8). Demi keselamatan dan kenyamanan, bis-bis itu diperiksa terlebih dahulu kondisi fisik kendaraannya oleh petugas Dishubkominfo Indramayu.  (Jeffry)  

 Pemeriksaan kesehatan calhaj Indramayu di aula Kopsuka, (18/8) lalu.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger