Home » » Lima Langkah Pemkab Mengatasi Kekeringan Di Sektor Pertanian

Lima Langkah Pemkab Mengatasi Kekeringan Di Sektor Pertanian

Written By K2-911FM on Aug 10, 2015 | 10:24 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Senin,10/8-2015, 22:24 WIB

                        Terkait dengan pembangunan pertanian di Kabupaten Indramayu, pada tahun 2015 ini menargetkan produksi 1,7 juta ton gabah kering pungut.  Namun krisis air yang melanda seluruh wilayah mengancam keberlangsungan pertanian. Sedangkan pasokan air dari sejumlah bendungan di Jawa Barat yang mengalir ke sungai-sungai di Indramayu sangat minim berakibat sawah kering serta tidak menguntungkan petani.

                        “Jika tidak segera diambil tindakan, target panen yang sudah ditetapkan mustahil tercapai,” ujar Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah saat memimpin upacara Hari Pertasi Kencana dan Hari Konservasi Alam Nasional tingkat Kabupaten Indramayu tadi pagi. 

Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan telah mengambil langkah-langkah di antaranya berkoordinasi dengan aparat desa, kecamatan, TNI dan Polri dalam upaya ketahanan pangan.  Melakukan percepatan tanam, pendampingan, normalisasi saluran air, pompanisasi dan pengaturan pola tanam.

“Dengan upaya itu diharapkan hasil panen tercapai sesuai target,” tambahnya.

Sementara di bidang koperasi diakui Anna, saat ini baru mengarah pada kuantitas bukan kualitas.  Padahal di usianya yang telah 68 tahun, idealnya koperasi telah mandiri dan menunjukkan jati dirinya sebagai wadah yang handal bagi kekuatan ekonomi rakyat. Karena koperasi ditujukan untuk kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat umumnya.

Disebutkan Anna, Jumlah koperasi yang ada sekarang berjumlah 209.488. Namun yang aktif hanya pada kisaran 70 %.  Guna memperkokoh koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional seperti dicanangkan oleh Bung Hatta, gerakan koperasi sebagai perekonomian nasional tahun ini diharapkan membangun koperasi lebih berkualitas. “Bukan saja dalam segi pertumbuhan ekonomi juga dalam penyerapan tenaga kerja guna mengurangi pengangguran,” tutur Anna.

                         Peringatan Hari Pertasi Kencana (Pertanian Koperasi dan Keluarga Berencana) dan Hari Konservasi Alam Nasional tingkat Kabupaten Indramayu diikuti peserta sejumlah OPD.  Pada kesempatan itu diserahkan tropi bagi pemenang kejuaran Dasa Lomba pada Harganas ke XXII tingkat Kabupaten Indramayu dan sejumlah penghargaan lain.  (Jeffry)

 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger