Home » » Paskibraka Indramayu Siap Kibarkan Merah Putih

Paskibraka Indramayu Siap Kibarkan Merah Putih

Written By K2-911FM on Aug 14, 2015 | 3:32 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,14/8-2015, 15:32 WIB

                        Pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-70 Tahun 2015 RI Tingkat Kabupaten Indramayu, sebanyak 50 anggota Paskibraka Indramayu dibagi menjadi 25 orang pasukan pengibar bendera pagi dan 25 orang penurun bendera sore. Bertindak pembawa duplikat bendera merah-putih pagi, Dini Srimulyati (SMAN 1 Sindang).

                        Untuk tugasnya itu, Dini mengaku siap baik fisik maupun mental.  Menurutnya, ia memperoleh banyak pengalaman selama digembleng oleh pelatih. “Manfaat ikut Paskibraka bukan hanya bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera saja, tapi diajarkan segala hal. “Jadi bukan cuma dilatih baris-berbaris, tapi kedisiplinan, kepribadian dan sebagainya,” ujar Dini. 
 
                        Bagi Brilliandi Setyo Rizqy, Paskibraka bukanlah pengalaman yang baru.  Siswa SMAN 1 Indramayu itu sebelumnya aktif sebagai anggota Paskibraka sekolah, bahkan pernah menjuarai renang se-Jawa Barat.  Meski begitu, Brillian mengaku berat ketika menghadapi tahap seleksi. “Saya disuruh berlari keliling lapangan sebanyak-banyaknya dalam waktu 2 menit.  Bersyukur saya mencapai 8 kali putaran,” katanya.

                        “Saya juga berhasil melakukan 30 kali push up dan sit up dalam 1 menit,” lanjut Brillian puas. Ia bergabung ke dalam pasukan pagi dan dipercaya sebagai pembentang bendera duplikat merah-putih.

                        Anggota Paskibraka lain, Dedi Hartono asal SMK PGRI Jatibarang. Siswa petugas pengerek bendera ini mengatakan, dirinya sejak kecil bercita-cita ingin masuk Paskibraka.  “Sudah pasti orang-tua juga mendukung,” kata Dedi yang didapuk sebagai Lurah Latihan ini kepada announcer K2 FM Nana. 

                        PPI Indramayu dan Dinas Pendidikan Indramayu menetapkan 52 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indramayu. Dari jumlah itu, 2 orang mewakili Indramayu untuk mengibarkan bendera di tingkat Propinsi Jawa Barat di Bandung.  Ke-duanya atas nama Irma Triani dari SMAN 2 Indramayu dan Oriza Sativa dari SMAN 1 Sindang. Mereka mengemban tugas mengibarkan merah-putih pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 70 Tahun 2015 RI Tingkat Jawa Barat di Bandung, Senin (17/8).

 “Kabar terakhir tentang dua siswi delegasi Indramayu ini di sana (Bandung-red), mereka masih menjalani sejumlah latihan dalam kondisi prima,” kata salah seorang pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Indramayu Sudirman di studio K2 FM, Jum’at (14/8).

                        Sedangkan 50 orang Paskibraka Kabupaten Indramayu yang berstatus calon Paskibraka, terdiri dari utusan sekolah menengah atas yang ada di Indramayu.  Terbanyak berasal dari SMAN 1 Sindang (7 orang) dan SMAN 1 Indramayu (4 orang). Sisanya antara 1 hingga 3 orang berasal dari sekolah-sekolah SMA/SMK dan MAN se-Indramayu.  

Yang menarik ketika dialog di radio, pertanyaan yang diajukan Nana kadang dijawab dengan diawali kata : “siap !!”.  (Jeffry)

 
Sebagian calon Paskibraka diwawancara Nana.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger