Home » » Pengukuhan Paskibraka Ditandai Pengucapan Ikrar Putera Indonesia

Pengukuhan Paskibraka Ditandai Pengucapan Ikrar Putera Indonesia

Written By K2-911FM on Aug 17, 2015 | 1:32 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Minggu,17/8-2015, 01:32 WIB

                        Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka Kabupaten Indramayu di pendopo tadi malam.  Pengukuhan Paskibraka merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-70 Tingkat Kabupaten Indramayu. Mereka resmi untuk menjalankan tugas pengibaran dan penurunan duplikat bendera merah-putih pada Senin 17 Agustus 2015.

Dalam amanatnya, Anna berpesan sebagai generasi penerus, harus menyadari
bahwa kemerdekaan itu wajib dipertahankan dan dibangun, agar bangsa dan seluruh tumpah darah semakin dekat dengan tujuan dan cita-cita, yakni membangun negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.

                        “Dan tugas serta tanggung-jawab itu ada pada kalian,” kata Anna kepada 50 anggota Paskibraka Indramayu. 
 
Prosesi pengukuhan ditandai pengucapan “Ikrar Putera Indonesia”, penyematan lencana lambang kepemimpinan dan pemakaian kendit (ikat pinggang) warna hijau.  Kesan sakral terasa ketika lampu pendopo dipadamkan, diiringi gema lagu wajib nasional pada detik-detik berlangsungnya prosesi.  Acara dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala OPD, unsur TNI/Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Indramayu dan keluarga anggota Paskibraka.

Paskibraka Indramayu telah melewati beberapa tahapan sejak penyeleksian hingga pemusatan latihan. Seleksi diiikuti 1.039 peserta dari siswa SMA/SMK/MA negeri dan swasta se-Indramayu.  Hasil seleksi menghasilkan 52 orang siswa.  Latihan dasar berlangsung selama 15 hari (5 April-2 Agustus) dilaksanakan tiap hari Minggu di halaman Disdik dan alun-alun Indramayu.  Kemudian tahap pemusatan latihan dilaksanakan selama 7 hari di Asrama Haji.

                        “Tenaga pengajar dan pelatih berasal dari TNI Arhanud 14 Cirebon, Dinas Pendidikan Indramayu, PPI Indramayu dan organisasi/perkumpulan Keluarga Berencana Indramayu,” kata Ketua Pelaksana Dr. H. M. Ali Hasan, M.Pd. (Nana/Jeffry)

 Paskibraka Indramayu dikomadani 'Lurah Latihan' Dedi Hartono.  (Photo : Jeffry/K2 FM)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger