Home » » GSCB Akamigas Balongan Adakan Seminar Geothermal

GSCB Akamigas Balongan Adakan Seminar Geothermal

Written By K2-911FM on Sep 18, 2015 | 10:26 PM


INDRAMAYU - K2 FM – Jum;at,18/9-2015, 22:27 WIB

                        Salah satu kegiatan mahasiswa Akamigas Balongan yang mengusung energi panas bumi bakal diseminarkan. Adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama Geothermal Study Club of Balongan menginisiasi sebuah seminar bertajuk “Geothermal As Sustainable & Renewable Energy”. Seminar bakal mengupas tuntas tentang energi panas bumi secara global.

                        Energi geothermal atau energi panas bumi menjadi alternatif andalan.  Selain ramah lingkungan, energi ini dinilai sangat vital karena dapat mengurangi ketergantungan akan energi fosil, minyak bumi, gas alam atau batu bara.

                        Seminar  “Geothermal As Sustainable & Renewable Energy” berlangsung Minggu 27 September 2015 di aula Grand Trisula Hotel Indramayu dengan sasaran peserta mahasiswa internal Akamigas Balongan dan mahasiswa umum dalam bidang teknik/non teknik se-Jawa Barat.

                        Seorang panitia pelaksana Tedy Dewantara menjelaskan, tujuan kegiatan untuk menanamkan kesadaran kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat umumnya akan pentingnya energi terbarukan, serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai sumber bahan baku.

                        “Minyak diperkirakan suatu saat akan habis.  Berbeda dengan energi panas bumi yang berlangsung abadi karena tidak akan habis.  Artinya, selama magma di perut bumi masih bekerja, selama itu pula energi ini dapat diperoleh untuk berbagai keperluan,” kata Tedy.  Apalagi lanjutnya, sejak terjadi krisis BBM, dunia termasuk Indonesia harus menghemat energi dengan jalan diversifikasi atau penganekaragaman energi.

                        Hal senada dikatakan Ketua Umum GSCB Akamigas Balongan Indramayu Sutikno Alamsyah saat dialog di studio K2 FM. “Sejalan dengan pertumbuhan penduduk Indonesia yang terus meningkat, maka kebutuhan akan energi dipastikan bertambah, terutama dalam 19 tahun mendatang. Jika masih mengandalkan minyak bumi hingga 20 tahun ke depan, kebutuhan akan energi akan semakin sulit,” kata Sutikno kepada announcer K2 FM Nuniek Agustina.

                        Dalam seminar sehari itu menghadirkan 3 pembicara yang berkompeten memberikan arahan seputar energi geothermal secara umum.  Pun akan dibahas bagaimana proses penambangan, eksploitasi, eksplorasi, pengolahan sampai pendistribusian sehingga dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi konsumen.  Salah seorang pembicara sengaja diundang dari Chevron.  Perusahaan (Chevron) ini merupakan satu dari 6 perusahaan minyak dunia yang memproduksi energi alternatif antara lain geothermal, energi surya, angin, bahan bakar nabati, sel solar dan hidrogen.  (Jeffry) 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger