Home » » Lomba Marching Band, Arus Kendaraan Dalam Kota Dialihkan

Lomba Marching Band, Arus Kendaraan Dalam Kota Dialihkan

Written By K2-911FM on Oct 1, 2015 | 1:14 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,1/10-2015, 13:14 WIB

                        Semarak dalam rangka hari jadi Indramayu sudah mulai terasa.  Bukan hanya kegiatan di dalam gedung, jalan-jalan utama kota Indramayu dipakai untuk arena lomba.  Akibatnya lalu-lintas kendaraan tersendat di beberapa titik. 
 
Pantauan K2 FM pada Kamis (1/10) pagi, sejumlah polisi mengalihkan arus kendaraan karena jalan Letjen S. Parman digunakan untuk Lomba Marching Band antar pelajar SD se-Kabupaten Indramayu.  Lomba marching band dilepas Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah di depan Gedung Juang. 

Marching band pertama yang dilepas adalah SDN Tulungagung III.  Pelepasan disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala dan Kabid Ekstrakurikuler Dinas Pendidikan sebagai penanggung jawab lomba serta kepala Dinas/Instansi terkait.  Marching band bernama “Mekar Sistaga” yang mewakili Kecamatan Kertasemaya ini sebelum start diberikan kesempatan melakukan display di hadapan Bupati dan penonton. 

Setelah urutan paling awal SDN Tulungagung III, menyusul kemudian marching band “Gita Swara Kartini” dari SDN Margadadi III dan seterusnya.  Kepala Dinas Pendidikan Indramayu DR. H. M. Ali Hasan, M.Pd mengatakan, tujuan lomba marching band yaitu meningkatkan kreativitas peserta didik, menumbuh kembangkan sikap disiplin, patriotisme dalam melaksanakan tugas sebagai peserta didik. 
 
“Lomba marching band diikuti pelajar SD berjumlah 31 peserta, tingkat SMP sebanyak 28 peserta dan SMA/SMK 18 peserta, setelah diseleksi terlebih dahulu oleh guligas dan sektor di tingkat kecamatan” kata Kadisdik. Lomba dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, dari 1 - 3 Oktober 2015. 

Salah seorang juri, Hamzah dari Dinas Pendidikan Indramayu menyebut 4 kriteria utama dalam penjurian lomba marching band, di antaranya marching performance, music performance, colour guard dan showmanship.  “Bila dirinci ke-empatnya menyangkut keseragaman, kelurusan, teknik baris-berbaris, komposisi program, bentuk, gerakan, music analysis percussion line dan penilaian lain,” katanya.

Lomba marching band yang dimulai hari ini menarik perhatian pelajar sekolah-sekolah yang dilalui peserta.  Meski saat jam belajar, sejumlah anak-anak SDN Margadadi III, IV, V dan VI tampak berjejer di tepi jalan.  Mereka oleh sekolah diijinkan menyaksikan kemeriahan harjad Indramayu. 

                         Berkat arahan pelatih, rata-rata peserta piawai memainkan alat-alat musik.  Lagu-lagu yang dibawakan variatif, mulai lagu daerah Warung Pojok, lagu wajib Halo-Halo Bandung hingga dangdut kontemporer Bara Bere. (Jeffry)  

 Anak-anak SD antusias menyaksikan lomba marching band.  (Photo : Jeffry/Dok K2 FM)
Share this article :

+ comments + 1 comments

Oct 23, 2015, 9:35:00 AM

sedikit berkomentar tentang lomba marching band tingkat SMA saya merasa sangat kecewa dengan panitia yang acuh terhadap lalu lintas yang ada. bahkan saya sebagai pendamping peserta malah mengatur lalu lintas karena saya takut ada apa-apa dengan peserta yang saya bawa. waktu itu keadaan lalu lintas sangan padat, bahkah kata anggota saya dia malah malas meladeni permintaan kami yg ingin lalu lintas diamankan. saya minta kerja sama dengan panita yang ikut mendampingi malah ngajakin BERTANTEM omongan ga dijaga kata-kata yang tidak pantas untuk dikeluarkan yang katanya ANAK PASKIBRAKA tetapi sangat tidak sopan. !!!!!

mohon tindak lanjuti kepda panitia orang yang seperti itu saja siap membuktikannya saksi banyak.

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger