Home » » Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Membatik

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Membatik

Written By K2-911FM on Oct 7, 2015 | 3:08 PM


INDRAMAYU – K2 FM – Rabu,7/10-2015, 15:09 WIB

                        Ratusan pelajar se-Kabupaten Indramayu menjadi peserta Lomba Membatik dalam rangka harjad ke 488 Indramayu.  Pelaksanaan yang baru pertama kali digelar itu dipusatkan di bantaran sungai Cimanuk, Rabu (7/10).  Lebih dari 400-an siswa-siswi SD hingga SMA/SMK tampak antusias berkarya pada selembar kain mori ukuran 40 x 40 sentimeter.

                        Peserta mencoba menuangkan gagasan untuk membuat motif batik sebebasnya dengan batas waktu sampai jam 12.00 siang.  Namun sebagian peserta telah selesai sebelum waktu yang ditentukan.  Karya yang dihasilkan beragam sesuai daya imajinasi peserta.

                        Seorang Juri Lomba Membatik Syayidin, SR mengungkapkan, kriteria yang dinilai meliputi gagasan, kreativitas, skill dan tema yang mencirikan kedaerahan (Indramayu). Harapan ke depan, batik Indramayu akan makin membumi dan generasi muda semakin mencintai batik.  “Sehingga warisan budaya yang kita miliki bisa menjadi sesuatu yang bernilai dan terus-menerus berkembang. Ajang ini mudah-mudahan menjadi sebuah tradisi bahwa Indramayu punya batik dan dicintai kalangan berbagai usia,” terang Syayidin kepada K2 FM.

                        Secara implisit lomba batik lebih tepat disebut lomba desain batik namun dijabarkan dengan teknik batik yang sesungguhnya menggunakan malam dan canting.  Ini merupakan hal baru bagi anak-anak yang belum memahami canting sebagai media untuk melukis. 

“Biasanya mereka memakai pensil, pulpen, krayon tiba-tiba harus berhadapan dengan malam yang harus dipanaskan. Lomba ini akan mengajarkan kepada pelajar tentang bagaimana cara membatik yang benar,” ujarnya.

Saat ditanya apakah Indramayu memiliki sekolah khusus batik, ia menyebut ada sekolah swasta bernama SMK Suaka.  Namun Syayidin belum dapat memastikan seperti apa metode pendidikan di sekolah itu, apakah khusus batik atau hanya mendesain saja.  “Setahu saya, Indramayu belum mempunyai sekolah khusus jurusan yang membidangi tentang bagaimana batik itu dikembangkan dalam dunia pendidikan,” pungkas Syayidin.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger