Home » » Mengukur Potensi Pelajar Sebagai Pembaca Berita

Mengukur Potensi Pelajar Sebagai Pembaca Berita

Written By K2-911FM on Dec 17, 2015 | 3:38 PM



INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,17/12-2015, 15:40 WIB


                        Untuk mengetahui sejauh mana kalangan muda memiliki potensi sebagai pembaca berita (news reader), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Wiralodra Indramayu menggelar Lomba Baca Berita untuk siswa-siswi tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Wilayah III Cirebon.


                        Lomba Baca Berita merupakan bagian dalam even bertajuk “Lomba Bahasa dan Sastra Indonesia (LBSI)” yang digagas HIMBASI Unwir.  Selain Lomba Baca Berita, kategori lain yang dilombakan yaitu Lomba Baca Puisi, Lomba Mendongeng dan Lomba Pementasan Drama.  Pelaksanaan dihelat pada 22 dan 23 Januari 2015 di aula Nyi Endang Dharma Ayu Unwir Indramayu.


                      “Pada saat ini, banyak bermunculan stasiun televisi baru yang banyak menyiarkan program berita.  Tentunya hal itu membutuhkan generasi penerus yang berkompeten dalam membaca berita,” ujar Ketua Panitia Nuresah.


                        Salah satu dari empat keterampilan berbahasa adalah membaca.  Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis, misalnya baca puisi atau baca berita.


                       Secara umum lanjut Nuresah, momen LBSI diharapkan akan melahirkan generasi muda, terutama pelajar yang terampil serta bangga terhadap bahasa persatuannya.


                        Persyaratan untuk mengikuti LBSI 2015 yaitu menyerahkan fotokopi kartu pelajar 2 buah, pas foto 3 x 4 sebanyak 2 buah dan surat rekomendasi dari sekolah.  Biaya pendaftaran untuk Lomba Baca Berita, Lomba Baca Puisi dan Lomba Mendongeng Rp. 75 ribu, sedangkan Lomba Pementasan Drama sebesar Rp. 150 ribu. 
 

Pendaftaran selain melalui sekolah, dapat menghubungi sekretariat “Lomba Bahasa dan Sastra Indonesia (LBSI)” di kampus Universitas Wiralodra via FKIP jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia jalan Ir. H. Djuanda KM 3 Singajaya Indramayu.  Pemenang disediakan piala dan uang pembinaan.  (Jeffry)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger