Home » » Dibuka Lowongan Untuk Pendamping Dan Operator PKH

Dibuka Lowongan Untuk Pendamping Dan Operator PKH

Written By K2-911FM on Apr 28, 2016 | 11:42 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Kamis,28/4-2016, 11:42 WIB

                        Mulai 26 April – 8 Mei 2016, Kemensos RI membuka pendaftaran bagi warga Negara Indonesia, pria maupun  wanita, berusia 19 – 45 tahun untuk menjadi Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan (PKH).

                        PKH adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM), selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya.  Dalam rangka memenuhi kebutuhan Sumder Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan Tahun 2016, Kementerian Sosial Republik Indonesia membutuhkan tenaga kerja untuk Pendamping PKH sebanyak 10.000 orang, dan Operator PKH 1.000 orang.

                        Kemensos RI melalui Dinsosnakertrans Indramayu mengumumkan bahwa Panitia hanya menerima pendaftaran secara online lewat http://seleksisdmpkh2016.kemsos.go.id.   Setelah data lamaran lengkap, peserta wajib mengikuti tahap berikutnya yaitu seleksi administrasi, dan hasilnya akan diumumkan pada 16 Mei 2016 melalui website www.kemsos.go.id serta email dan sms kepada pelamar yang dinyatakan lulus.

                        Tahap terakhir, peserta mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB), masing-masing bagi Pendamping mengunakan metode psikotes, observasi dan tes tulis.  Sedangkan tes bagi Operator menggunakan metode psikotes, praktek komputer, observasi dan tes tulis. Saat pelaksanaan seleksi, pelamar wajib membawa laptop.  Adapun waktu dan tempat seleksi, akan diinformasikan kemudian.

                            "Karena program ini dari pusat, kemungkinan pelaksanaan tes kompetensi nanti bertempat di Bandung Jawa Barat, meskipun sebelumnya pernah di Cirebon dan Indramayu," kata Kasie Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsosnakertrans Indramayu Dra. Atin Anifah kepada K2 FM, Kamis (28/4).  

                        Persyaratan untuk posisi Pendamping PKH meliputi pendidikan Diploma IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial, sarjana/diploma di bidang ilmu-ilmu sosial terapan, sarjana/diploma di bidang social dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial/Keperawatan.

                        Untuk posisi Operator PKH, persyaratannya berlatar belakang pendidikan Diploma/Sarjana bidang Komputer/Informatika, bidang Statistika, bidang Teknik, dan lulusan SMK bidang Komputer/Informatika.

                        Berkas persyaratan lamaran lainnya bisa menghubungi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indramayu di jalan Jendral Gatot Subroto nomor 1 atau dapat dilihat pada papan pengumuman radio K2 FM Indramayu.  

                       Anggaran Program Keluarga Harapan bersumber dari APBN.  "Program Kemensos ini mulai diberlakukan di Indramayu pada tahun 2008.  Waktu itu baru 5 kecamatan yang menjadi sasaran KSM atau keluarga sangat miskin.  Kemudian bertambah menjadi 11 kecamatan di tahun-tahun berikutnya, dan sekarang penerima bantuan PKH meliputi seluruh kecamatan," kata Atin, didampingi Plt. Kabid Pemberdayaan, Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsosnakertrans Indramayu Drs. Zulkarnain.  

                            Di tahun anggaran 2016, kucuran bantuan PKH dari pusat untuk Indramayu tahap pertama telah dicairkan sebesar Rp. 20 miliar lebih.  Pencairan dilakukan tiap 4 bulan sekali per-tahun dan disalurkan kepada penerima lewat Kantor Pos.  (Jeffry)

 Drs. Zulkarnain, Plt. Kabid Pemberdayaan, Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsosnakertrans Indramayu.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger