Home » » Ratusan Siswa SD dan SMP, Ikuti FLS2N Tingkat Indramayu

Ratusan Siswa SD dan SMP, Ikuti FLS2N Tingkat Indramayu

Written By K2-911FM on Apr 15, 2016 | 9:55 AM


INDRAMAYU – K2 FM – Jum’at,15/4-2016, 09:55 WIB

                        Kepala Dinas Pendidikan Indramayu Dr. H. Ali Hasan meresmikan kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di SMA PGRI 2 Sindang Indramayu, Kamis (14/4).  Upacara pembukaan dihadiri pelajar SD dan SMP yang mewakili seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Indramayu.

FLS2N merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi.

                      “Kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak kita untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik,” ujar Kadisdik Indramayu Ali Hasan.  Oleh karenanya ia mengimbau kepada panitia, dewan juri dan peserta agar menjunjung rasa persaudaraan dan solidaritas dengan mengedepankan sportivitas yang tinggi.

                        Kabid Ekskul Disdik Indramayu H. Banani, S.Pd, M.Pd melaporkan, FLS2N bertujuan mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik.  “Kegiatan ini menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra khususnya terhadap nilai-nilai yang berakar pada budaya bangsa serta menumbuh-kembangkan sikap sportivitas,” kata Banani.

                        Lebih lanjut disebutkan, jumlah peserta FLS2N sebanyak 480 siswa yang terdiri dari siswa SD 280 siswa dan SMP 205 siswa.  Jenis yang dilombakan meliputi untuk tingkat SD : pidato bahasa Indonesia, melukis, cipta puisi, membatik, pianika, seni baca Al-Qur’an, pantomim, gambar bercerita dan nyanyi solo.

Untuk SMP yaitu kriya anyam, cipta cerpen bahasa Indonesia, baca puisi, desain poster, lukis, desain motif batik, cipta puisi, gitar solo, debat berbahasa Indonesia, seni kriya, seni baca Al-Qur’an, cipta lagu, nyanyi solo dan story telling.
  
Disdik menunjuk dewan juri dari kalangan guru kesenian, guru agama, sastrawan dan seniman untuk bertugas menilai dan menetapkan pemenang.  Para juara selanjutnya disiapkan untuk berlomba di ajang yang sama di tingkat propinsi Jawa Barat.

                     FLS2N yang semula dijadwalkan dilaksanakan 2 hari, namun dipersingkat menjadi sehari.  Pelaksanaan kegiatan selain di SMA PGRI 2 Sindang, juga ditempatkan di aula Dinas Pendidikan Indramayu.  (Jeffry)

Peserta terkecil lomba cipta puisi pada FLS2N Indramayu.  (Photo : Jeffry/K2 FM)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kang Imron Jagat
Copyright © 2011. K2-911 FM | KIJANG KENCANA - All Rights Reserved
Template Created by Yudhi Harjo
Proudly powered by Blogger